Terbaik Nasional, Dua Perpustakaan Nagari di Agam Terima Penghargaan Perpusnas

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI serahkan penghargaan kepada dua perpustakaan nagari terbaik nasional 2020, di aula Kantor Bupati Agam, Selasa (8/12).

Penghargaan berupa tropi dan uang pembinaan itu, diserahkan Bupati Agam diwakili Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus), M. Arsyid.

Kedua perpustakaan nagari itu yakni perpustakaan Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung dan perpustakaan Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

Perpustakaan nagari itu termasuk 28 terbaik dari 300 perpustakaan desa atau kelurahan, yang mengimplementasikan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial diseluruh Indonesia.

“Penghargaan ini sudah kali kedua diterima perpustakaan nagari di Agam, yang tahun lalu diterima oleh perpustakaan Nagari Lubuk Basung dan perpustakaan Nagari Sungai Pua,” kata M. Arsyid.

Penghargaan ini diserahkan Perpusnas melalui pemerintah daerah karena kondisinya masih pandemi Covid-19.

Berbeda dibanding tahun lalu, penghargaan diserahkan langsung oleh Perpusnas kepada wali nagari atau pengelola perpustakaan nagari.

“Program ini untuk memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas SDM, serta kemampuan literasi, kreativitas masyarakat dan mengatasi kesenjangan akses informasi,” sebutnya.

Dikatakan, delapan perpustakaan nagari di Agam sejak dua tahun terakhir telah mendapatkan program itu.

Kedelapan perpustakaan nagari itu masing-masing perpustakaan Nagari Koto Tangah, Ampang Gadang, Padang Tarok, Sungai Pua, Lubuk Basung, Manggopoh, Duo Koto dan Sariak.

“Dalam mendukung program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial itu, Perpusnas memberikan berbagai bantuan disamping pembinaan dari perpustakaan daerah,” sebut M. Arsyid.

Ia berharap, penerima manfaat dari program itu agar dapat terus berbenah dan menjadi model atau rujukan bagi perpustakaan lainnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *