Menu

Martatuti, Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Beternak Itik

  Dibaca : 194 kali
Martatuti, Ibu Rumah Tangga Yang Sukses Beternak Itik

AMCnews.co.id — Martatuti (55), warga cicawan Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam sukses dalam beternak itik.

“Saya menekuni ternak itik sejak tahun 2015 dengan jumlah awal 25 ekor yang dibantu warga,” ujar Martatuti di rumahnya, Rabu (29/8).

Disebutkan, sampai saat ini itiknya sudah berjumlah 50 ekor berkat tambahan bantuan dari Baznas Agam, pada 2017 sebanyak 25 ekor.

“Dari jumlah itu, setidaknya itik bertelur 14 sampai 40 butir sehari dengan harga jual Rp.2.000 per butir, telur dijual hanya seputaran Maninjau, karena peminat telur itik diwilayah itu cukup tinggi,” ujarnya lagi.

Dengan hasil penjualan telur itik, Martatuti dapat melanjutkan pendidikan anaknya ke bangku perkuliahan di Poltekes Padang

“Ini merupakan berkah Allah kepada kami yang selalu bersyukur dan berdoa kepadanya,” ujar perempuan beranak empat itu.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein yang berkunjung ke rumah Martatuti mengaku bangga, karena ia berhasil dalam beternak itik, sehingga dengan hasil penjualan telur ia dapat melanjutkan pendidikan anaknya.

“Martatuti pada 2017 mengajukan permohonan ke Baznas Agam dan datanya diverifikasi, namun dikala itu sudah kelihatan kalau ia bersemangat untuk beternak itik,” ujarnya.

Disebutkan, Martatuti juga sudah diberikan pelatihan dan melanjutkan belajar ke Payakumbuh, sehingga sudah banyak ilmu yang dimilikinya dalam beternak itik.

Eldi Zein menyebutkan, pihaknya akan menambah bantuan itik kepada Martatuti agar penghasilan keluarganya semakin terpenuhi, karena ia merupakan tulang punggung dalam keluarga yang tidak memiliki suami.

Dengan demikian, Eldi Zein berharap melalui ternak itik dapat membuat Martatuti mandiri, sehingga nanti juga mampu jadi muzakki.
(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional