Assalam Agam, Wadah Pendidikan Karakter Islami Para Pelajar

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Usia remaja sangat erat dengan citra mencari jati diri. Maka tidak heran, para remaja seringkali terjerumus dalam antusiasme keduniawian. Tidak ingin hal itu terjadi, barangkali menjadi latar belakang berdirinya organisasi yang satu ini.

Aktivitas Pesantren Ramadan tingkat SMA/SMK se Kabupaten Agam tahun ini telah mempertemukan tim AMCNews dengan Asosiasi Pelajar Islam (Assalam) Kabupaten Agam.

Assalam merupakan organisasi yang sengaja dibuat untuk membentuk karakter islami para pelajar tingkat SMA di Kabupaten Agam.

Pembina Assalam Kabupaten Agam, Randi Wahyudi, S.Pd menuturkan, organisasi pelajar itu sudah berdiri sejak 13 tahun silam, yang dicetus oleh sejumlah mahasiswa di daerah setempat.

“Assalam Kabupaten ini didirikan tahun 2009 oleh mahasiswa Agam yang tergabung dalam wadah Forum Studi Mahasiswa Islam (FOSMI, red) Agam,” ujarnya, Senin (19/4) di Lubuk Basung.

Dijelaskan lebih lanjut, berdirinya Assalam Kabupaten Agam bertujuan sebagai wadah mempererat silaturahmi, pembentukan karakter dan pengembangan potensi para pelajar.

Menurutnya, dewasa ini para pelajar yang notabene usia remaja sengat rentan terjerumus pada perbuatan di luar koridor Agama. Untuk itu, diperlukan sebuah wadah yang diharapkan dapat membendung hal tersebut dengan kegiatan positif.

Sejak berdiri hingga sekarang, sebut Randi, telah banyak kegiatan yang dilakukan Assalam Kabupaten Agam, baik di sekolah-sekolah maupun di tempat-tempat umum lainnya.

“Seperti kajian agama, training motivasi sukses belajar, try out SNMPTN, aneka lomba keagamaan dan akademis, outbond, buletin mini, penerbitkan stiker dan sebagainya,” sebutnya.

Selama berdiri, sudah ratusan pelajar yang berproses di organisasi penempa karakter spiritual sosial ini. Namun, saat ini jumlah anggota Assalam Kabupaten Agam jauh berkurang karena terbatasnya aktivitas di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini anggota aktif hanya 15 orang, makin berkurang karena libur sekolah dan pembelajaran daring,” ucap Randi.

Selain kegiatan bersama, anggota Assalam Kabupaten Agam juga dijadwalkan pertemuan rutin setiap hari Minggu.

“Saat ini, Assalam Agam menjadikan SDIT Al Madaniy sebagai sekretariat dan pusat pertemuan rutin anggota,” ujarnya mengakhiri. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.