Menu

Budidaya Tanaman Hias Warga, Nagari Persiapan Sangkir Raup Jutaan Rupiah

  Dibaca : 54 kali
Budidaya Tanaman Hias Warga, Nagari Persiapan Sangkir Raup Jutaan Rupiah

Lubuk Basung, AMC – Ratna Nirwati, warga Nagari Persiapan Sangkir, Kecamatan Lubuk Basung, berhasil menyulap halaman rumahnya menjadi kebun tanaman hias. Dari usaha ini, ia bisa mengantongi hingga jutaan rupiah.

Kepada AMCNews.co.id, Minggu (24/10), pemilik Warung Bunga Abadi ini mengatakan, membudidayakan tanaman hias ini, merupakan hobinya sejak dari dulu.

“Semulanya, hobi ini hanya untuk kepuasan diri sendiri, berbagai jenis bunga hanya ditanam di dalam pot dan diletakkan berjajar di teras rumah,” ujarnya.

Namun, ia tidak mengira kalau tanaman hias saat ini menjadi buruan banyak orang, bahkan rela mengeluarkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk mendapatkan jenis bunga hias yang diinginkannya.

Berawal dari banyaknya orang yang meminta anakan tanaman hiasnya, Ratna mulai membenahi, menata, dan menyusun tanaman hiasnya. Bahkan meminta tolong kepada suaminya untuk dibuatkan rak sebagai tempat tanaman hiasnya.

Ratna mengaku, ia kembali fokus membudidayakan tanaman hias ini untuk dijual sejak sekitar 4-5 bulan yang lalu.

Saat ini, berbagai jenis tanaman hias tersedia di warung bunganya, mulai dari tanaman hias aroid, yang merupakan sebutan untuk tanaman keluarga aracheae seperti aglaonema, monstera, anthurium, pilodendra, dan beberapa jenis tanaman keladi, serta tanaman hias lainnya.

“Tanaman yang banyak dicari saat ini adalah tanaman hias keladi, orang banyak menyebutnya dengan janda bolong (Jabol),” jelasnya.

Tanaman dengan nama Latin Monstera Andosonii (Jabol) ini, diterangkan Ratna, dulunya hanya tanaman liar yang banyak hidup di sekitar wilayah rumahnya. Namun karena peminatnya kian meningkat, akhirnya ia kembali mengambil dan membudidayakannya.

Ratna membandrol tanaman hiasnya mulai dari kisaran Rp15 ribu hingga ratusan ribu rupiah, bukan hanya itu, ia juga menjual pot bunga dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Selain itu, pensiunan guru keterampilan di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu juga memiliki ide kretif, memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar rumahnya, seperti botol minuman, alat-alat rumah tangga, dan barang bekas lainnya, untuk dijadikan sebagai pot dan rak-rak bunga yang dipajang di Warung Bunga Abadi miliknya. Tak hanya itu, disini juga menyediakan aneka macam peralatan membudidayakan tanaman hias.

“Selain dapat mengurangi jumlah sampah, juga membuat tempat disekitarnya terlihat lebih indah,” jelasnya. (HR)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional