Afriana Juita, Inspirasi Guru Berprestasi Asal Kabupaten Agam

Laporan Depitriadi, AMCNews – Lubuk Basung

Afriana Juita, M.Pd (34). Demikian nama lengkapnya. Perempuan kelahiran Gasan Kecil, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam yang juga alumni S2 Universitas Negeri Padang (UNP) merupakan guru yang sarat prestasi.

Bagaimana sosok dan kiprah kepala sekolah termuda yang menginspirasi di Kabupaten Agam ini?

Diceritakan, Afriana memulai jenjang pendidikannya mulai SD, SMP dan SMA di kampung halaman. Kemudian ia melanjutkan pendidikan DII hingga S1 di UNP pada jurusan PGSD Guru Kelas.

“Untuk S2 masih di kampus yang sama, yakni UNP namun di jurusan Pendidikan Dasar, tamat pada 2013 silam,” ujarnya, Rabu (21/4).

Afriana sudah melakoni profesi sebagai seorang guru kurang lebih sejak 9 tahun silam. Baginya, menjadi seorang guru adalah panggilan hati, meski menjadi seorang guru bukan terbilang mudah.

Menurutnya, menjadi seorang guru harus mengabdikan diri dan mengedepankan kepentingan peserta didik dibandingkan urusan pribadi.

“Sebab guru tidak hanya mengajar pendidikan formal, tapi juga menjadikan diri kita sebagai orang tua kedua, ini menjadi salah satu tantangan profesi yang harus dihadapi seorang guru,” ucap guru yang kini menjabat sebagai Kepala SDN 31 Ujuang Labuang itu.

Sebagai seorang guru, Afriana senantiasa terus berupaya meningkatkan kemampuannya. Selain mengikuti pendidikan pelatihan formal maupun informal sejak tahun 2009, dirinya juga kerap mengikuti ajang guru berprestasi.

Berkat usaha dan kerja kerasnya, Afriana kerap dinobatkan sebagai guru berprestasi tingkat nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Afriana kerap mengikuti perlombaan, seperti PORSENI, Olimpiade Sains, Tutor Keaksaraan baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional sejak tahun 2009.

“Sampai saat ini sudah menjuarai 22 kategori prestasi, jadi guru berprestasi tingkat Agam sebanyak dua kali, juga guru berprestasi tingkat nosional,” sebutnya.

Teranyar, dirinya tengah menghadapi tes penilaian sekolah penggerak. Dikatakan, pada tahap I, sekolahnya terpilih sebagai 5.000 dari 21.000 yang lulus seleksi.

“Alhamdulillah tahap I lulus, dan tahap II juga sudah dilewati tinggal menunggu hasilnya keluar akhir bulan ini, mohon doanya semoga dapat memajukan pendidikan Indonesia berdasarkan Pancasila,” ujar Afriana.

Diceritakan lebih lanjut, untuk menjadi guru berprestasi memang tidak bisa diraih secara instan. Untuk sampai ke tahap sekarang, dirinya mengaku memerlukan proses panjang dan usaha yang sudah dipersiapkan sejak lama.

Afriana berharap, kedepan dirinya dapat terus memajukan pendidikan di Kabupaten Agam. Selain itu, dirinya juga berharap juga lahir para pendidik berprestasi lainnya, dalam rangka memajukan dunia pendidikan.

“Namun yang paling penting, sebagai seorang guru, sikap dan perilaku kita akan menjadi panutan anak didik, maka dari itu, budi pekerti dan akhlak yang baik juga harus kita tingkatkan untuk kedepan,” ujarnya. (*)

Daftar prestasi :

Juara I PORSENI PGRI Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016

Juara I PORSENI PGRI Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2016

Juara I PORSENI PGRI Tingkat Kecamatan Tanjung Mutiara Tahun 2016

Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Nasional Tahun 2016 di Kota Palu Sulawesi Tengah

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2016

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kab. Agam Tahun 2016

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kec. Tanjung Mutiara Tahun 2016

Juara I Lomba OSN Sekolah Dasar Tingkat Kec. Tanjung Mutiara Tahun 2015

Juara I Lomba Olimpiade Sains Nasional Guru (OSNG) Sekolah Dasar Tingkat Kec. Tanjung Mutiara Tahun 2014

Juara II Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2013

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kab. Agam Tahun 2013

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kec. Tanjung MutiaraTahun 2013

Juara III Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2012

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kab. Agam Tahun 2012

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kec. Tanjung Muiara Tahun 2012

Juara III Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2011

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kab. Agam Tahun 2011

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tingkat Kec. Tanjung Muiara Tahun 2011

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tahun 2010 Tingkat Kab. Agam

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Tahun 2010 Tingkat Kec. Tanjung Mutiara

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tahun 2010 Tingkat Kab. Agam

Juara I Lomba Tutor Keaksaraan Fungsional (KF) Tahun 2009 Tingkat Kec. Tanjung Mutiara

Respon (10)

  1. Sahabat serta pemimpin… Yg arif dan bijaksana
    Sukses selalu dalam berkarier kedepannya motivator guru2 di agam, teristimewa Buat kami bawahanmu SDN 31 Ujuang Labuang yg bangga dengan prestasi yg buk afriana Juita,M.Pd dapatkan semoga kesuksesan dan kegigihan ibuk mengalir jg pada kami guru2 kecamatan tanjung mutiara….semangat

  2. Selamat bu anak saya, yang sudah dapat membanggakan keluarga, semoga semakin sukses.. Terutama buat Kabupaten Agam. Jangan cepat puas ya nak… Selalu rendah hati…

  3. Selamat ya Afrina sayang…, semoga ke depannya makin sukses lagi. Niat yang baik dan tulus Insyaa Allah akan selalu diberikan kemudahan oleh Allah dalam menjalankan tugas. Tetap amanah dan rendah hati ya Afrina. Tingkatkan terus prestasinya ya…, “Anak muda kreatif”

  4. Selamat buat anakku.. yg telah diamanahkan menjadi guru yg berprestasi..yg telah meraih penghargaan2 berkat kerja keras af..kami semua bangga atas kesuksesan yg telah af raih dalam memajukan dunia pendidikan..yg telah mengharumkan nama kec,kab bahkan provinsi…❤️

  5. Mantap luar biasa, semoga sukses selalu.
    Tinggikan cita cita mu setinggi bintang di langit dan rendahkan hatimu serendah pasir di pantai, aamiin yra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.