Menu

Tim PTK Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban

  Dibaca : 136 kali
Tim PTK Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban

AMCNews.co.id —- Dinas Pertanian Kabupaten Agam, intensifkan pemeriksaan hewan kurban di seluruh kecamatan.

Sebanyak 45 petugas Pemeriksa Ternak Kurban (PTK) disebar ke tempat-tempat penjualan atau pedagang hewan kurban.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswandi, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (16/8), menyebutkan pihaknya mulai memeriksa hewan ternak sejak awal Agustus 2018 sampai 24 Agustus 2018 dan akan berlanjut sampai hari H Idul Adha.

“Semua tim lapangan sudah mulai melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap pegadang atau penyedia ternak, sehingga dipastikan semua hewan ternak sehat,” jelasnya.

Pihaknya sengaja menerjunkan tim PTK guna mengantisipasi adanya hewan ternak yang kondisinya tidak sehat atau terinfeksi penyakit berbahaya.

Bahkan, tim khusus PTK yang diterjunkan sebanyak 45 orang itu, terdiri dari tim medik/para medik tetariner beserta petugas kecamatan dan 6 orang dari tim kabupaten.

“Nanti hewan yang sudah diperiksa oleh petugas akan dipasangi label sehat. Bagi masyarakat yang hendak membeli hewan untuk keperluan kurban, bisa lihat tanda tersebut, kalau berlabel sehat aman dikonsumsi,” jelasnya.

Iswan menjelaskan klasifikasi hewan yang sehat. Yakni, bisa terlihat dari membran mata yang berwarna merah muda, hidung tak terlalu banyak mengeluarkan cairan berlebihan, serta dari suhu badan tak terlalu panas.

“Selain itu, kita juga melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan kurban yang sudah dipotong, apakah daging tersebut sehat atau tidak layak dikosumsi,” imbuhnya.

Terkait jumlah hewan yang dikurbankan tahun ini, seperti diberitakan AMCNews.co.id beberapa hari lalu, diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 2,6 persen, atau naik sebanyak 5.293 ekor pada 2018 dibadingkan tahun 2017 sebanyak 5.155 ekor.
(AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional