Menu

Lahirkan Inovasi Melalui Metode Design Thinking

  Dibaca : 170 kali
Lahirkan Inovasi Melalui Metode Design Thinking

AMCnews.co.id — Pemkab. Agam, menggelar workshop perancangan inovasi dengan metode design thinking bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat, di aula Bappeda Agam, Selasa (7/8).

Workshop dibuka Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, dihadiri Sekda Agam, Martias Wanto Dt Maruhun dan Kepala Bappeda Agam, Welfizar, dengan narasumber Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc, MoT, Ph.D.

Dalam pemaparannya, Djohan Yoga mengatakan bahwa workshop inovasi dengan metode design thinking karena metode ini sangat banyak digunakan orang untuk menginovasikan sesuatu terkait dengan publik, sehingga inovasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, orang lahir ke dunia pasti memiliki beberapa kreatifitas yakni, kreatif secara intuitif, imajinatif, inspiratif dan inovatif yang menjadi pokok pembahasan dalam workshop itu.

“Cara untuk jadi inovatif ada empat langkah yaitu duplikasi, perpanjangan, sintesa dan penemuan,” ujarnya.

Disebutkan, inovasi merupakan perubahan yang memberikan dampak positif dengan tiga kepentingan yaitu, kebutuhan, teknologi dan biaya.

Design thinking merupakan metode inovasi yang bersifat human center approach atau pendekatan yang berpusat pada manusia, dan banyak digunakan dalam tahap merancang inovasi untuk sektor publik.

Tidak hanya itu, design thinking juga sederhana dan mudah untuk digunakan dalam menciptakan ide-ide baru yang kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Dijelaskan, proses design thinking ada lima tahap yaitu, empati, defenisi, ide, prototip dan tes. Selama ini, bicara tentang kreatif orang selalu menghubungkannya dengan otak, artinya dulu orang mengatakan orang kreatif adalah orang berotak kanan, tetapi saat ini semua orang bisa berkreatif dengan lima tahap tersebut.

Sementara itu, Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mengatakan, ada dua kata kunci dari kegiatan ini yaitu creativity thinking dan skill, kalau ada kata skill bisa dipelajari karena tahu saja tidak cukup.

“Skill itu terampil dan harus dilatih, saya ingin setiap unit kerja mampu melaksanakan kemampuan metode design thinking dan lakukan latihan,” ujarnya.

Bupati minta setiap unit kerja selesai workshop mencari satu projeck dan dibahas besok bersama narasumber.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

 


Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional