Menu

Humas Agam Gelar Bimtek Keprotokolan Bagi Kecamatan dan Nagari

  Dibaca : 221 kali
Humas Agam Gelar Bimtek Keprotokolan Bagi Kecamatan dan Nagari

AMCnews.co.id — Pemkab. Agam, melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan bagi seluruh kecamatan, nagari dan staf humas, di Hotel Sakura Syariah, Senin (6/8) dan (7/8).

Bimtek yang diikuti 108 peserta itu, dibuka Bupati Agam diwakili Sekdakab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rahman, Kepala Dinas Perhubungan Agam, Yosefriawan, Kabag Humas Agam, Hilton dan Pj Kasubag Protokol Bagian Humas Agam, Windra Purnama.

Dalam sambutannya, Martias Wanto menyebutkan bahwa protokol mempunyai peran penting dalam pelaksanaan acara pemerintahan, baik mengatur tata tempat, tata upacara maupun tata penghormatan pada acara kenegaraan, daerah dan acara resmi.

Menurutnya,  menjadi seorang protokol tidak harus kaku dengan aturan perundang-undangan, tetapi juga harus mampu luwes dan memahami kearifan lokal yang berlaku di daerah setempat.

“Melalui bimtek diharapkan dapat menciptakan protokoler yang bukan cuma handal membantu kegiatan pemerintah, tetapi juga dapat menempatkan diri sesuai dengan norma dan kebiasaan yang berlaku ditengah masyarakat,” ujarnya.

Disamping itu, Martias Wanto mengatakan, protokol harus mempunyai beberapa prinsip kerja yang mencerminkan seorang protokoler yakni, benar, baik dan indah.

“Tidak hanya itu, seorang protokoler juga mesti memiliki kecakapan lain seperti, tanggap, responsif, antisipatif, inovatif, adaptif dan intuisi,” ujarnya pula.

Sementara itu, Kabag Humas Agam, Hilton menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti bimtek sebanyak 98 orang berasal dari kecamatan dan nagari, masing-masing mengutus satu orang dan 10 orang staf Bagian Humas, sedangkan rasumber didatangkan dari Kabag TU Pim Kemendagri, Beny Cahyadie dan Kadis Perhubungan Yosefriawan.

Disebutkan, dengan kegiatan itu diharapkan agar aparatur Pemkab Agam baik di kecamatan maupun nagari, mengetahui aturan keprotokolan sehingga keterbatasan jumlah personil protokol di kabupaten terbantu oleh peserta yang ikut bimtek tersebut.

“Semoga kedepan tersedia petugas protokoler yang handal dan profesional serta terbentuknya forum protokol kabupaten, sehingga pelaksanaan acara di kabupaten, kecamatan dan nagari dapat berjalan dengan lancar sesuai ketentuan protokol dan kearifan lokal yang berlaku,” ujarnya berharap.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

1 Komentar

  1. Ermy Senin, 6 Agustus 2018

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional