Perangkat Nagari se-Palembayan Ikuti pelatihan, Bupati Agam : Kita Harus Komitmen Bangun Nagari

  • Bagikan

Bukittinggi, AMC – Sebanyak 48 perangkat nagari se-Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, ikuti pelatihan peningkatan kapasitas, di Grand Royal Denai Hotel, Rabu (26/10).

Kasi PMN Kecamatan Palembayan, Novriyati menyebutkan, pelatihan digelar untuk meningkatkan pemahaman tupoksi perangkat nagari, yang dalam hal ini adalah wali jorong dan sekretaris nagari.

“Wali jorong miliki wilayah sendiri yang berhubungan langsung dengan masyarakat, sehingga pelatihan ini perlu dilaksanakan dalam meningkatkan pemahaman,” ujarnya.

Tidak hanya itu, melalui pelatihan juga diharapkannya bermunculan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Tentu inovasinya akan mendukung visi misi Pemkab Agam dalam membangun daerah dari segala aspek,” tukasnya.

Pelatihan yang digelar dua hari ini, dibuka Bupati Agam diwakili Asisten I Setdakab Agam, Rahman, SIP, MM.

Rahman mengatakan, pelatihan ini untuk membangun mindset wali jorong dalam membangun nagari masing-masing.

“Kita harus berkomitmen dalam membangun nagari, karena tugas dan kehadiran kita untuk masyarakat,” ujarnya.

Maka di zaman globalisasi ini, ia minta wali jorong yang berhubungan langsung dengan masyarakat, untuk meningkatkan pola kerjanya.

“Jangan ada lagi yang menganggap Palembayan itu tidak terjangkau dengan pembangunan.  Padahal miliki jalan nasional dan provinsi,” sebutnya.

Dengan begitu, tingkatkan pola dan kemampuan kerjanya, karena setiap nagari miliki dana desa cukup besar yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan.

“Maka kita harap wali jorong untuk menggali ilmu dalam pelatihan ini, yang nanti materinya akan disampaikan beberapa narasumber,” katanya.

Pelatihan ini diikuti 42 wali jorong dan 6 sekretaris nagari, dengan mendatangkan berbagai narasumber dari Pemkab Agam. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *