Menu

Bupati Agam Resmikan Pasar Rabaa Senilai Rp.1,6 Miliar

  Dibaca : 159 kali
Bupati Agam Resmikan Pasar Rabaa Senilai Rp.1,6 Miliar

AMCnews.co.id — Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Drs. Martias Wanto Dt Maruhun resmikan pasar rabaa Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (27/12).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, dihadiri Kepala Disperindagkop dan UKM Agam, Aryati, Kepala Kesbang Pol Agam, Yunilson, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, walinagari salingka danau dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Martias Wanto mengatakan, dengan direvitalisasinya pasar rabaa ini diharapkan daya tampung pedagang semakin banyak, dengan luas pasar saat ini diperkirakan akan menampung 120 hingga 150 pedagang.

“Kita berharap pengurus pasar dapat ciptakan pasar sehat, bersih dan indah,” ujarnya.

Dengan demikian, Martias Wanto minta pengurus pasar, pedagang dan masyarakat jaga kebersihan pasar yang dimulai dari awal, jangan biarkan sampah menumpuk, satu kali pasar sampah mesti dibersihkan.

“Ada beberapa tempat akan menimbulkan sampah seperti di los jualan ikan, jualan daging dan ayam potong, ini akan menimbulkan sampah berlebihan dan mengundang bau tidak sedap dan mesti segera dibersihkan sebelum menumpuk,” sebutnya.

Sekda menyebutkan, tahun ini Agam merevitalisasi lima unit pasar, salah satunya pasar rabaa Nagari Koto Kaciak melalui dana DAK 2018 sebesar Rp.1,6 miliar lebih.

Menurutnya, revitalisasi pasar akan terus dilakukan setiap tahun baik dengan APBD, program provinsi maupun DAK pusat, dengan catatan ada kesepakatan di nagari, kalau belum ada kesepakatan belum bisa dilakukan perbaikan.

“Bupati juga menekankan sepanjang ada kesepakatan dan terpenuhi unsur-unsur teknis, kita akan berikan bantuan untuk merevitalisasi pasar,” katanya.

Kepala Disperindag Kop dan UKM Agam, Aryati mengatakan, fasilitas yang dibangun di pasar itu 20 kios dan satu los besar dengan kapasitas 28 konter. Secara maraton pasar yang dibangun telah mulai diresmikan berawal di pasar Koto Tinggi, Baso dan hari ini pasar rabaa.

“Dalam waktu dekat kita juga akan resmikan tiga pasar lagi masing-masing pasar Palupuah, Malalak dan Palembayan,” sebutnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional