Menu

Terbaik I Sumbar, Ini Sistem Pengelolaan Pasar Pakan Ahad Koto Baru

  Dibaca : 343 kali
Terbaik I Sumbar, Ini Sistem Pengelolaan Pasar Pakan Ahad Koto Baru

AMCnews.co.id — Pasar Pakan Ahad, Nagari Koto Baru, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, merupakan pasar tradisional terbaik I tingkat Sumatera Barat tahun 2018.

Sebelumnya, pasar itu adalah pasar ninik mamak, kemudian diserahkan kepada nagari dan dikelola sebagaimana arahan Pemkab Agam sesuai Perda nomor 1 tahun 2014 tentang pengelolaan pasar.

Seperti yang dijelaskan, Ketua Pasar Pakan Ahad, Nur Efendi Dt yang Basa, dipasar itu pihaknya mengarahkan pedagang bagaimana pasar menyediakan komoditi sesuai kebutuhan masyarakat. Setiap hari pasar, pedagang selalu diawasi, jika ada berlaku tidak sesuai aturan mereka akan ditertibkan.

“Meski demikian, kita selalu jalin silaturahmi yang baik dengan pedagang, kita tanamkan pada mereka bagaimana rasa hidup berkembang dengan ekonomi yang mapan,” ujar Nur Efendi Dt yang Basa kepada AMCnews.co.id, di pasar itu, Minggu (9/9).

Sebagaimana arahan dari pemerintah daerah, pasar itu sudah dikelola dengan baik oleh pengurus seperti, kebersihan, pengelolaan sampah, kerapian, kenyamanan, keamanan. Penempatan pedagang dikelompokkan sesuai komoditinya masing-masing.

“Untuk kebersihan, setiap pedagang kita fasilitasi dengan kantong plastik sebagai tempat pembuangan sampah di lapak dan kios masing-masing, kita juga sudah sepakat dengan pedagang untuk menjaga kerapian pasar,” sebutnya.

Menariknya lagi, selain tempat jual beli, pasar juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan lainnya seperti, kegiatan olahraga dan seni budaya, bahkan pernah jadi tempat penelitian bagi mahasiswa.

Kedepan pengurus akan terus meningkatkan kedisiplinan, kerapian, keindahan pasar, agar konsumen merasa nyaman saat berbelanja, begitu juga dengan pedagang agar dapat melayani konsumennya dengan ramah.

Pengurus bahu membahu dengan maysarakat untuk mengelola pasar tersebut, sehingga paremanisme tirsingkir dengan sendirinya. Bahkan kedepan juga direncanakan menambah jadual hari pasar jadi 2 kali dalam sepekan.

Dengan demikian, pengurus pasar itu mengharapkan dukungan dari Pemkab Agam, baik moril maupun materil, terutama bagaimana pasar itu berstandar nasional atau SNI.

Sementara itu, salah seorang pedagang harian, Nurnis (66) mengaku nyaman berjualan di Pakan Ahad Koto Baru tersebut, selain pasar yang bersih dan rapi, masyarakat yang datang berbelanja juga ramai.

“Dari sekian banyak pasar yang saya tempati, baru pasar pakan ahad seramai ini dikunjungi masyarakat,” ujarnya.

Namun, Nurnis menyarankan pengurus agar terus meningkatkan kebersihan, kerapian dan keindahan pasar, supaya pasar ini jadi lebih baik lagi kedepannya.

Di sisi lain, Neti (53) salah seorang konsumen, mengaku nyaman belanja di pasar itu, selain komoditi yang cukup, pelayanan pedagang juga memuaskan. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional