Bupati Agam Buka Pelatihan- Seminar Koperasi 2018

  • Bagikan

AMCNews.co.id —  BupatiAgam Indra Catri Dt Malako nan Putiah ungkap 3 langkah strategis dalam reformasi koperasi.

Langkah strategis itu disampaikan saat membuka seminar dan pelatihan koperasi kabupaten Agam 2018 di ballroom hotel Sakura Syariah, Lubukbasung Selasa, (17/7).

Ditambahkan bupati, sejalan dengan program Presiden RI dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, koperasi memiliki peran strategis.

“Pertumbuhan ekonomi bisa saja tercapai, tapi belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat, solusi yang tepat adalah melalui koperasi,” ujar Bupati

Bupati menjelaskan, untuk melakukan reformasi total koperasi harus dilakukan 3 langkah strategis, yaitu reorientasi koperasi dengan mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada rutinitasnya, bukan lagi pada kuantitas koperasi.

“Oleh karena itu di pusat (Ibukota), propinsi dan kabupaten/kota mulai menggerakan pembangunan koperasi yang berkualitas dari aspek kelembagaan, usaha dan keuangan,” ulasnya.

Kemudian rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi di seluruh Indonesia sebagai dasar untuk pembenahan koperasi.

Untuk itu, tambah Indracatri kepada seluruh gerakan koperasi (organisasi koperasi) agar mendorong koperasi melakukan rapat anggota tahunan (RAT).

“RAT agar semua koperasi menjadi sehat, dan pemerataan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara bertahap,” ungkapnya

Ditambahkan Indracatri, kegiatan seminar dan pelatihan yang digelar diharapkan membuka cakrawala semua terkait sehingga sinergi positif antara upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan gerakan koperasi.

“Koperasi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” harap bupati Agam itu lagi.

(AMC12)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.