Empat Nagari Ajukan Pemekaran, Tiga Diantaranya Sudah Registrasi Lapangan

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Empat nagari di Kabupaten Agam, ajukan pemekaran menjadi beberapa nagari kepada Dinas Pemerintahan Nagari dan Masyarakat (DPMN) Agam
Kepala DPMN, melalui Bidang Bina Pemerintahan Nagari, Bustanul Arifin menjawab AMCnews.co.id di Lubukbasung, Minggu (8/7) menyebutkan, empat nagari itu antara lain, Nagari Tiku Utara menjadi dua nagari, Nagari Tigo Koto Silungkang menjadi dua nagari, Nagari Koto Tangah menjadi lima nagari dan Nagari Lubukbasung menjadi enam nagari.

“Pemekaran nagari ini sedang diproses dan sudah diajukan ke pemerintah provinsi. Kemudian pemerintah provinsi akan menurunkan tim registrasi ke lapangan,” jelasnya.

Tim registrasi sudah turun ke Nagari Tiku Utara, Tigo Koto Silungkang dan Lubukbasung. Sedangkan di Nagari Koto Tangah tim turun dalam waktu dekat.

“Seluruh dana operasional untuk pemekaran nagari ini ditangung oleh nagari induk,” ujarnya.

Bustanul menjelaskan, syarat pemekaran nagari yaitu batas usia desa induk minimal lima tahun terhitung sejak pembentukan, jumlah penduduk paling sedikit 4.000 jiwa atau 800 kepala keluarga, wilayah kerja yang memiliki akses transportasi antar wilayah, dan memiliki sosial budaya yang dapat menciptakan kerukunan hidup bermasyarakat sesuai dengan adat istiadat.

Selanjutnya, memiliki potensi yang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia dan suber daya ekonomi pendukung, batas wilayah desa yang dinyatakan dalam bentuk peta desa yang telah ditetapkan dalam peraturan bupati dan lainnya.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *