Seni Budaya dan UMKM di Koto Kaciak Wadah Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan

Tanjung Raya, AMC – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat apresiasi pelaksanaan pagelaran seni budaya dan UMKM yang berjulukan Koto Kaciak Expo di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Apresiasi ini disampaikan Gubernur melalui Kacabdin Pendidikan wilayah Agam, Mardison saat hadiri pembukaan pagelaran seni budaya dan UMKM di Nagari Koto Kaciak, Sabtu (29/1) malam.

“Kegiatan ini sudah membantu Pemrpov Sumbar dalam mewujudkan visi misi, karena dapat menggenjot perekonomian masyarakat Sumbar, khususnya di Tanjung Raya,” ujarnya.

Gubernur melalui Kacabdin Pendidikan berpesan bagaimana pelaku usaha bisa meningkatkan pelayanan pada konsumen, karena katanya UMKM maju tergantung layanan yang diberikan, baik tutur bahasa, gestur tubuh dan lainnya.

“Tentu lokasi untuk memasarkan produknya juga diperhatikan, sehingga perlu survei dalam mencari lokasi strategis sesuai produk dihasilkan,” sebut Mardison.

Namun, ia pesankan jangan hanya mengandalkan satu tempat untuk berjualan, tapi bisa mencari potensi dalam memasarkan produknya seperti pemanfaatan teknologi yang berkembang saat ini.

Bila perlu katanya, gunakan transaksi digital. Jika memasarkan produk melalui teknologi, pembayarannya juga sistem digital. Artinya belanja dimana saja, tapi pembayarannya dilakukan secara non tunai.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tetap melestarikan seni budaya Minangkabau di nagari masing-masing, karena menurutnya ini wadah dalam membentuk karakter generasi ke depan.

“Banyak nilai karakter yang didapat melalui seni budaya ini seperti, disiplin, kejujuran, tanggungjawab, kerjakeras, kegotongroyongan, kemandirian dan lainnya, ujar Kacabdin Pendidikan wilayah 1 Sumbar itu. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *