Pemkab Agam Harapkan Posyantek Petir Juara Lomba Tingkat Provinsi

  • Bagikan

Duo Koto, AMC — Pemerintah Kabupaten Agam mengharapkan pos pelayanan teknologi (Posyantek) Petir di Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya mendapat nilai terbaik dan menjadi juara dalam perlombaan Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Bupati Agam diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Agam, Rahman saat menghadiri acara penilaian lomba Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat di gedung Perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda Nagari Duo Koto, Selasa (29/6).

Ia mengatakan, penilaian lomba Posyantek tingkat provinsi yang dilakukan oleh tim penilai diharapkan mampu memotivasi nagari dan masyarakat untuk terus berbuat kedepannya dengan memanfaatkan segala potensi yang ada, baik dari sisi teknologi, cara berpikir, hingga paradigma kehidupan.

Disamping itu, lanjut Rahman, melalui penilaian teknologi tepat guna (TTG) yang dilakukan oleh tim penilai dapat menghasilkan nilai terbaik, sehingga Posyantek Petir Nagari Duo Koto yang mewakili Kabupaten Agam bisa maju untuk melangkah ke tingkat nasional.

“Semoga Posyantek Petir Nagari Duo Koto meraih nilai terbaik dan memperoleh juara 1 di tingkat provinsi, agar nantinya bisa berlanjut ke tingkat nasional,” katanya.

Disisi lain, ia juga meminta kepada pengurus Posyantek Petir untuk memberikan data-data yang akurat kepada tim penilai sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pemenangnya.

“Selain itu, kami juga berharap kepada tim penilai untuk bisa memberikan ilmu dan masukkan kepada Posyantek Petir supaya nantinya bisa meningkatkan serta mengembangkan segala potensi-potensi yang dimiliki,” ungkapnya.

Walinagari Duo Koto, Joni Safri mengatakan, pihaknya menampilkan sejumlah alat teknologi tepat guna dalam penilaian lomba Posyantek tingkat provinsi pada tahun ini. Diantaranya alat pemotong pinang, sepatu pemanjat pinang, alat perangkap tikus, alat pengolah biogas, dan sebagainya.

Dalam perlombaan ini, pihaknya mengunggulkan salah satu teknologi tepat guna yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, yakni motor pintar Damkar yang telah dimodifikasi khusus. Ia menyebut, motor roda tiga ini bisa digunakan sebagai alat pemadam kebakaran, membantu pengairan sawah, dan penanganan tanah longsor.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Posyantek Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Vera Irawati menyebutkan, untuk melaju ke tingkat nasional dalam lomba Posyantek ini, pihaknya harus melakukan beberapa tahapan seleksi secara bertingkat. Salah satunya melalui pelaksanaan lomba Posyantek berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat.

Vera menjelaskan, lomba TTG ini dilaksanakan dalam rangka persiapan untuk pelaksanaan gelar TTG tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jawa Barat pada bulan Oktober 2021 mendatang.

“Untuk menjadi perwakilan Provinsi Sumbar dalam acara itu, tentu kita harus melakukan seleksi dulu. Nanti siapa pemenangnya di tingkat provinsi ini, akan kita usulkan untuk menjadi duta atau perwakilan Sumbar dalam lomba Posyantek tingkat nasional,” katanya. (Harmen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *