Masa Pandemi Covid19- Bank Nagari Cabang Lubuk Basung Tetap Salurkan KUR

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Sebagai upaya mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi efek perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Bank Nagari Cabang Lubuk Basung tetap kucurkan pembiayaan terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Agam.

Salah satu upaya yang dilakukan bank pembangunan daerah tersebut, melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), melalui KUR diharapkan mampu mendorong sektor riil di daerah setempat.

Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, H.Tasman menjelaskan, ditengah pandemi Covid-19 pihaknya tidak menghentikan kucuran pembiayaan terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Agam.

Bahkan, dimasa pandemi Covid-19 pihaknya mengambil peran untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi dampak ekonomi di sektor riil.

“Kami mengambil langkah untuk tidak menghentikan kredit, karena setelah melihat kondisi di lapangan, justru ada sektor usaha masyarakat yang membutuhkan dana tambahan,” ujarnya saat dijumpai AMC di ruang kerjanya, Selasa (25/8).

Menurutnya Bank Nagari berupaya mempercepat pemulihan ekonomi dengan menyalurkan kredit yang difokuskan dengan menyasar segmen UMKM, karena dapat menjadi pemantik bagi bergeraknya sektor riil.

“Kredit merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong bergeraknya sektor riil seperti usaha perdagangan yang digiatkan oleh masyarakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dikatakan, penyaluran KUR juga menjadi stimulus bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk menggairahkan kembali perekonomian masyarakat saat pandemi Covid-19.

Hingga akhir tahun 2020, katanya, masih tersisa Rp16 miliar yang akan disalurkan melalui KUR dari target serapan Rp40 miliar.

Pada 2020 nasabah diberi keringanan dengan suku bunga sebesar 6 persen/tahun, turun dari sebelumnya sebesar 7 persen.

“Hingga akhir tahun 2020 masih terbuka peluang bagi masyarakat yang akan mengajukan kredit ke Bank Nagari Lubuk Basung,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan produk terbaru dalam penanggulangan dampak Covid-19 yaitu melalui Kredit Cicilan Uang Covid-19 Impact Treatment (KCU Citra).

KCU Citra ini diperuntukkan khusus kepada pegawai ASN dan pensiunan serta pegawai swasta yang sudah bekerjasama dengan Bank Nagari yang terdampak Covid-19.

“Dalam rangka memberikan treatment kepada nasabah KCU yang didominasi oleh pegawai PNS maupun pensiunan, selama pandemi Covid-19 ini tentu mereka secara tidak langsung juga terdampak,” ulasnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *