Menu

Pemnag Duo Koto Bakal Launching Motor Pintar Inovasi Anak Nagari

  Dibaca : 97 kali
Pemnag Duo Koto Bakal Launching Motor Pintar Inovasi Anak Nagari

Duo Koto, AMC – Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, bakal melaunching sebuah teknologi tepat guna yang merupakan inovasi anak nagari yaitu motor pintar.

Motor pintar adalah hasil modifikasi becak motor menjadi motor pemadam kebakaran, yang akan membantu masyarakat dalam memadamkan api apabila terjadi kebakaran.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri menjawab AMC, Sabtu (22/8) menyebutkan, motor pintar ini dilaunching pada kegiatan peringatan hari jadi Nagari Duo Koto, di objek wisata Linggai Park, 26 Agustus 2020 mendatang.

“Saat ini kita dalam proses pengurusan hak patennya ke Kemenkumham,” ujarnya.

Motor damkar ini dibentuk, katanya, mengingat Duo Koto padat permukiman dengan mayoritas bangunan semi permanen dan kondisi jalan yang sempit, sehingga mobil damkar sulit menuju permukiman apabila terjadi kebakaran.

“Ketika terjadi kebakaran selama ini kita hanya mengandalkan mobil damkar dari Lubuk Basung, yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi,” imbuhnya.

Namun, dengan telah adanya motor pintar ini bisa cepat memberikan pertolongan kepada masyarakat ketika terjadi kebakaran, sehingga dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Dijelaskan Joni, motor damkar tidak hanya memadamkan api saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengaliri air ke lahan pertanian masyarakat, serta membersihkan lumpur sisa longsor dan lainnya. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional