Pemkab Agam Terjunkan 37 Petugas untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian menerjunkan tim satuan tugas yang akan memeriksa hewan kurban. Sebanyak 37 petugas akan memastikan hewan kurban yang akan dipotong sehat.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswandi, kepada AMCNews.co.id, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (2/8) mengatakan, para petugas tersebut akan disebar ke seluruh kecamatan di Kabupaten Agam hingga pasca Hari Raya Idul Adha.

“Kita ke lapangan satu minggu menjelang shalat Idul Adha,” ujarnya.

Iswan menjelaskan, para petugas nanti akan berkeliling ke penjual-penjual ternak hewan kurban yang ada di 16 kecamatan. Pengecekan petugas tersebut untuk memastikan hewan yang akan dibeli untuk dikurbankan dalam keadaan sehat dan layak untuk dipotong.

Pihaknya akan memulai dengan memetakan titik-titik penjualan hewan kurban di setiap kecamatan seperti pasar hewan ternak. Dalam pemeriksaan itu tim satgas juga memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai tanda ternak tersebut layak untuk dipotong dan dikosumsi serta memenuhi syarat kesehatan hewan.

“Tak hanya sebelum penyembilan, satgas juga melakukan pemeriksaan post mortem setelah penyembelihan. Hal ini untuk memastikan apakah daging-daging juga sehat untuk dikosumsi. Seperti kita memeriksa hati, limpa dan sebagainya,” pungkas Iswan.

Ia memperkirakan akan ada peningkatan jumlah hewan kurban di tahun ini sekitar 2,8 persen. Hal tersebut karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban berkurban. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *