Menu

Peringatan Hari Pahlawan Moment Bangkitkan Semangat Baru Warisi Nilai Kejuangan

  Dibaca : 180 kali
Peringatan Hari Pahlawan Moment Bangkitkan Semangat Baru Warisi Nilai Kejuangan

AMCnews.co.id. Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah nyatakan, peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” ujar Indra Catri saat bacakan sambutan Menteri Sosial RI dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 dan Hari Kesehatan ke-54, di halaman kantor Bupati Agam, Sabtu, (10/11).

Hal ini menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata akhir untuk berjuang,” ujarnya.

Dengan demikian, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Disebutkan, setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal itu, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru dan membutuhkan sosok yang berdedikasi serta berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

Menurutnya, negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha – usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

“Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global. Mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu manfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia maju, sehingga dapat bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika globalisasi memasuki era revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Dalam sambutan itu, Bupati mengajak masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

“Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara, jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial, semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” ucapnya.
(AMC05).

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional