Menu

BPBD Agam Latih KSB Tigo Koto Silungkang

  Dibaca : 130 kali
BPBD Agam Latih KSB Tigo Koto Silungkang

AMCNews.co.id — Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan, mendapat pembekalan sekaligus sosialisasi teknis tentang tentang penanggulangan bencana dari BPBD Kabupaten Agam, Kamis, (1/11) di Tigo Silungkang, kecamatan Palembayan.

Pendidikan keterampilan tersebut disambut baik oleh relawan penanggulangan bencana di daerah tersebut.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi, Jum’at (2/11) di Lubuk Basung, mengatakan, melalui pelatihan keterampilan kesiapsiagaan bencana tersebut dapat meningkatkan bekal pengetahuan para relawan terhadap kebencanaan.

“Kesiapsiagaan diri itu sangat penting, minimal untuk diri sendiri dan keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, jika terjadi bencana, kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain yaitu hampir 35 persen merupakan kesiapan diri sendiri. Sedangkan bantuan keluarga 31,9 persen. Bantuan tetangga 28,1 persen. Bantuan dari orang lewat 2,6 persen. Sedangkan dari SAR 1,70 persen  dan lain-lain 0,90 persen.

“Karena itu kesiapsiagaan bagi diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Ditambahkan, pelatihan bagi pengurus dan anggota kelompok siaga bencana itu, juga turut dihadiri linmas nagari, kelompok pemuda dan parik paga nagari.

“Jika terjadi bencana diharapkan parik paga dan anggota linmas serta anggota KSB lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan perlindungan serta penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat,” harapnya.
(AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional