Menu

BPKP Sumbar Serahkan LHP Maturitas SPIP  Level 3 Pada Pemkab Agam

  Dibaca : 124 kali
BPKP Sumbar Serahkan LHP Maturitas SPIP  Level 3 Pada Pemkab Agam

AMCnews.co.id. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Wilayah Provinsi Sumatera Barat, menyerahkan Laporan Hasil Penilaian (LHP) maturitas penyelenggaraan keuangan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3 pada Pemerintah Kabupaten Agam.

LHP SPIP ini diserahkan Kepala BPKP Sumbar, Danny Amanda kepada Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, dalam rangkaian acara Workshop penguatan sistem pengendalian intern dengan menggunakan SIMDA, di aula BPKP Sumbar, Rabu (3/10).

Hal yang sama juga diterima Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Solok. Penyerahan ini disaksikan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Drs. Gatot Darmasto.

Pada kesempatan itu, Trinda Farhan Satria mengaku bersyukur karena Agam dapat Maturitas SPIP level 3, ini merupakan hasil kebersamaan dari jajaran Pemkab Agam dalam meningkatkan pengendalian internal di pemerintahan.

“Ini tidak hanya sekedar menyenangkan hati, tetapi juga jadi tantangan untuk selalu tingkatkan performance atau kinerja kita di Pemkab Agam kedepannya,” ujarnya.

Salah satunya adalah sistem pengendalian internal, baginya ini selalu membutuhkan pengendalian, karena kebutuhan dalam melakukan pengelolaan pemerintah dapat meningkatkan kinerja.

Ini sifatnya penilaian, setiap tahun terus dievaluasi, sebagai gambaran awal yang tidak hanya dipertahankan tetapi juga harus ditingkatkan.

“Maturitas SPIP level 3 standar bagi Kabupaten Agam, yang dikejar kedepannya adalah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang jadi tantangan kita saat ini,” ujarnya pula.

Kepala BPKP Sumbar, Danny Amanda berharap pemerintah daerah yang sudah capai maturitas SPIP level 3 agar dipertahankan jika perlu ditingkatkan.

Selain Agam, kabupaten dan kota yang sudah capai level 3 di Sumbar masing-masing, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kota Solok, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kabupaten dan kota yang capai level 2 masing-masing, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok Selatan, sedangkan daerah yang capai level 1 adalah Kabupaten Mentawai.
(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional