Pemkab Agam Tambah Jumlah Ternak Dengan Sapi Pesisir

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Pertanian Kabupaten Agam datangkan sapi pesisir untuk menambah jumlah ternak yang ada di pembibitan ternak sapi Cubadak Lilin, Kecamatan Matur.

Kasi Pakan Ternak Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Erlina kepada AMCnews.co.id, Kamis (6/9) menyebutkan, sapi pesisir didatangkan sebanyak 12 ekor, sapi betina 10 ekor dan 2 ekor sapi jantan, sehingga jumlah sapi di pembibitan saat ini menjadi 29 ekor.

“Sebelumnya di pembibitan kita sudah memiliki sapi peranakan ongole (PO) sebanyak 17 ekor, dengan rincian 13 ekor sapi PO betina dan 4 ekor anakan,” ujarnya.

Dari jumlah sapi PO yang ada, 3 diantaranya sudah bunting dengan menggunakan teknologi kawin suntik atau IB, ini sebagai mendukung Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang jadi target Kementerian Pertanian.

“Pelaksanaan IB di Kabupaten Agam sampai Agustus 2018, sudah terealisasi sebanyak 4.886 ekor, yang sudah bunting 3.324 ekor dan jumlah kelahiran 1.837 ekor,’ jelasnya.

Sementara itu, petugas peternakan Jafrika menyebutkan, bahwa pembibitan sapi ternak ini agar menghasilkan bibit sapi layak pakai yang dibuktikan dengan sertifikat layak bibit, bagi masyarakat mencari bibit sapi dapat datang ke pembibitan,” sebutnya.

Jafrika mengaku, kendala utama dalam pengembangan ternak di pembibitan adalah luas lahan yang belum memadai untuk ditaman hijauan pakan ternak.

“Saat ini, lahan pembibitan ternak di Cubadak Lilin seluas 1,8 hektar, 1,5 hektar kita tanami hijauan untuk pakan ternak”, sebutnya.

Dari luas lahan yang dimiliki, masih belum mencukupi untuk memberikan pakan hijauan, sehingga petugas di pembibitan harus mencari tambahan pakan hijauan ke lahan masyarakat.
(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.