Menu

Baznas Agam Sembelih Hewan Qurban di Pelosok Nagari

  Dibaca : 249 kali
Baznas Agam Sembelih Hewan Qurban di Pelosok Nagari

AMCnews.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, sembelih tiga ekor hewan qurban di pelosok nagari pada Idul Adha 1439 Hijriah, Kamis (23/8).

Tiga ekor hewan qurban yakni, 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang ditebar ke Dusun Monggong, Jorong Tandikek, Kecamatan Ampek Nagari dan Panti Asuhan Aisyiyah Salarah Aia Kecamatan Palembayan.

Masyarakat Dusun Monggong menyambut dengan rasa syukur mendapat hewan qurban, bahkan pihak Baznas belum diperbolehkan balik ke Lubuk Basung sebelum makan daging qurban bersama masyarakat.

Tokoh masyarakat Monggong, Umardi mengucapkan terimakasih kepada Baznas yang sudah menetapkan Dusun Monggong sebagai tempat qurban, karena sejak tahun 1980 sampai saat ini belum pernah berqurban.

“Dusun sebelah ada melakukan qurban, tetapi pendistribusian dagingnya tidak sampai ke Dusun Monggong karena hewan qurbannya hanya satu ekor sapi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Agam, Eldi Zein menyebutkan Idul Adha 1439 Hijriah Baznas menetapkan dua lokasi untuk tebar hewan qurban yakni, Dusun Monggong, Jorong Tandikek, Ampek Nagari sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Panti Asuhan Aisyiyah Silareh Aia, Palembayan, sebanyak 1 ekor kambing.

“Salah satu dasar kami melaksanakan qurban dilokasi itu berdasarkan surat dari pengurus mushala karena belum perbah berqurban sejak tahun 1980,” ujarnya.

Dijelaskan, program ini dinamakan tebar qurban pelosok nagari, dengan sasaran menebar hewan qurban ke wilayah pelosok atau minim qurban, karena jumlah hewan qurban di wilayah perkotaan cukup tinggi.

“Tahun ini masyarakat yang ikut qurban melalui Baznas sebanyak 9 orang, mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi,” ujarnya.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional