Menu

Ciptakan Siswa Berkarakter Melalui Cipta dan Baca Puisi

  Dibaca : 418 kali
Ciptakan Siswa Berkarakter Melalui Cipta dan Baca Puisi

AMCnews.co.id — Lomba cipta dan baca puisi merupakan salah satu upaya Pemkab. Agam, untuk melihat dan mencari anak didik yang berpotensi dan berkarakter.

Tidak semua orang yang mampu membaca puisi dengan baik, apalagi menciptakannya yang membutuhkan seni tersendiri dan pengetahuan luas serta rajin membaca.

Menurut Kepala Dinas Arpus Agam, M. Arsyid menjawab AMCnews.co.id, disela pembukaan lomba cipta dan baca puisi, Kamis (9/8) menyebutkan, puisi merupakan karya sastra yang lahir dari perenungan dan kepedulian.

“Keindahan dan kedalaman bahasa puisi dapat beri motivasi dan inspirasi bagi pembacanya serta mampu bangkitkan semangat heroik,” ujarnya.

Dengan demikian, sekolah yang ada di Agam diharapkan agar mendidik, mengembangkan dan terus melahirkan siswa yang berpotensi sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

M.Arsyid menghimbau pihak sekolah agar mengikutkan anak didiknya dalam perlombaan, yang nantinya akan jadi motivasi bagi mereka untuk terus belajar, sehingga diharapkan menjadi siswa yang berkarakter.

“Belajar tanpa motivasi tidak akan memperoleh hasil yang memuaskan,” ujarnya pula.

Kepada guru-guru agar dapat memperhatikan dan mengembangkan potensi anak di sekolah masing-masing, bina dan bimbinglah mereka dengan sebaik-baiknya.

Meski demikian, perlu juga diingatkan kepada guru, bahwa pembinaan terhadap anak jangan hanya difokuskan pada ilmu pengetahuan saja, tetapi tanamkan juga kepada mereka budi pekerti dan akhlak mulia serta kepedulian terhadap lingkungan.

“Kita harus menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritualnya. Kecerdasan ini dapat membawa mereka jadi manusia yang berguna dan selamat dunia akhirat,” tegasnya.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional