Optimalkan BUMNag, DPMN Agam Gelar Pelatihan SIA BUMDes

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam gelar pelatihan tata kelola keuangan BUMNag berbasis sistim informasi akuntasi (SIA) di hotel Paray, Tilatang Kamang.

Pelatihan selama 3 hari tersebut, tanggal 1-3 Agustus 2018 tersebut, diikuti 52 orang direktur dan bendahara BUMNag se kabupaten Agam itu, menghadirkan narasumber masing-masing 3 orang dari BPKP Pusat, 3 orang dari BPKP Perwakilan Sumbar dan 2 orang auditor.

Kepala DPMN Agam Teddy Martha, menjelaskan pelatihan itu digelar sebagai upaya mendorong kesiapan BUMNag untuk lebih professional dalam pengelolaan keuangan sesuai sistim yang ditetapkan.

Pelatihan dengan pola diskusi terbuka, membahas berbagai materi yang disuguhkan narasumber, terutama yang terkait dengan tata kelola (governance) dan sistim pengendalian internal (SPI), yang membutuhkan pendampingan dan pelatihan secara khusus.

Materi pelatihan terkait dengan overview dan juknis laporan keuangan BUMNag, install master aplikasi SIA BUMDes, sistim transaksi non tunai, penerimaan, pengeluaran dan pelaporan, yang merupakan mengacu pada aplikasi yang ditetapkan pemerintah pusat.

Pelatihan juga mengkaji sistim pelaporan keuangan untuk melihat posisi keuangan dan kegiatan usaha yang dijalankan, kajian kekayaan BUMNag yang dipisahkan dari nagari, namun secara kepemilikan, BUMNag adalah milik nagari, sehingga apapun bentuk keputusan terkait dengan asset dan kekayaan BUMNag harus dimusyawarahkan.

Kemudian, terkait dengan alokasi penyertaan modal dari APB Nagari, dimana setiap penggunaan dana publik yang dimanfaatkan harus diketahui, untuk dan dipertanggungjawab-kan kepada masyarakat.

“ Hal itu harus dipahami dan mesti disosialisasikan pada masyarakat, agar BUMNag bisa tumbuh dan berkembang maksimal, bahkan menjadi kekuatan ekonomi masyarakat nagari, “ ulas kepala DPMN Agam itu lagi.

AMC04

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.