Agam Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Rencana Kabupaten Agam untuk menerapkan Program Kabupaten Layak Anak (KLA) memasuki babak baru.

Kali ini Bupati dan Wakil Bupati melakukan penandatanganan komitmen bersama Forkopimda dan beberapa tokoh masyarakat.

Penandatanganan komitmen tersebut guna menyamakan persepsi dalam rangka kegiatan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat menuju Kabupaten Layak Anak, sesuai revisi UU nomor 22 tahun 2011, tentang menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal.

“Tentunya untuk melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi dan dalam rangka memenuhi percepatan semua hak-hak anak,” kata Bupati Agam Indra Catri, usai penandatanganan komitmen bersama dengan tokoh masyarakat dan pihak terkait, saat upacara peringatan Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam ke-25 tahun 2018, di Halaman Kantor Bupati Agam, Kamis (19/7).

Oleh sebab itu, disusun kebijakan kabupaten layak anak dalam mempercepat pemenuhan hak-hak anak, seperti hak kesehatan, hak pendidikan, hak kesejahteraan, hak dilindungi dan hak kebutuhan lainnya.

” Ketika perlindungan dan pemenuhan hak anak berjalan dengan baik, maka daerah akan memiliki harapan untuk berkembang dan maju serta sejahtera. Bahkan kita juga sudah terapkan kabupaten sayang orang tua,” ucap bupati.

Sementara itu, Kepala Dalduk KB BP dan PA Kabupaten Agam, Retmiwati, mengatakan kegiatan kesepakatan ini sebagai bentuk optimalisasi gerakan kabupaten layak anak yang sudah berjalan selama ini.

“Terwujudnya kabupaten layak anak harus dimulai dari keluarga itu sendiri,” jelasnya.

Dijelaskan, setelah dilakukan penandatangan komitmen bersama menuju Kabupaten Layak Anak, pihaknya akan mengadakan pertemuan guna sosialisasi kepada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta sejumlah Institusi terkait.

Setelah melakukan penandatangan komitmen nersama, beberapa OPD terkait diharap dapat segera melakukan komitmen dalam merencanakan program yang berbasis pengembangan KLA sebagai upaya mewujudkan program tersebut di Agam.

(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *