Siswa SDN 14 Lubukbasung Diterima di SMP Cendekia Baznas Pusat

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Baznas Pusat menetapkan Abdillah Maulana Azizi salah seorang siswa SDN 14 Lubukbasung, Kabupaten Agam, diterima melanjutkan pendidikan di SMP Cendekia Baznas, Bogor, Jawa Barat.

Hal ini ditetapkan setelah melalui rangkaian seleksi ketat yang dilakukan Baznas Pusat beberapa waktu lalu.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein menjawab AMCnews.co.id, Sabtu (14/7) menyebutkan, seleksi yang dilakukan Baznas Pusat antara lain, tes akademik tertulis, psikotes, baca Al-Qur’an dan survey ke rumah. Siswa yang diterima merupakan siswa aktif dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Abdillah Maulana Azizi diberangkatkan ke Bogor, Jum’at (13/7), yang dilepas langsung oleh Sekda Kabupaten Agam, di rumah dinasnya. “Sekda mengaku bangga bahwa Abdillah merupakan satu-satunya siswa yang diterima di SMP Cendekia Baznas Pusat,” ujar Eldi Zein menirukan ucapan Sekda Agam itu.

Disebutkan, Abdillah Maula Azizi merupakan anak ke dua dari tiga orang bersaudara, yang akan menimba ilmu bersama empat orang rekannya berasal dari Sumatera Barat.

“Abdillah saat ini tinggal bersama nenek dan kakeknya yang sehari-hari bekerja menggosok pakaian dari rumah ke rumah, sedangkan ibunya sudah meninggal sejak Abdillah berusia tiga tahun dan ayahnya bekerja sebagai buruh harian tinggal di rumah masyarakat,” jelasnya.

Keberangkatan Abdillah Maulana Azizi tersebut, dibekali Baznas Agam dengan perlengkapan dan kebutuhan. Transportasi ke Jakarta ditanggung Baznas Sumbar, sedangkan biaya sehari-hari selama menjalankan pendidikan ditanggung Baznas Pusat.

Sementara itu, Nurleli nenek Abdillah Maulana Azizi, mengaku senang karena keinginan dan semangat cucunya menuntut ilmu bisa tercapai.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Baznas baik Agam, Sumbar dan Pusat yang sudah membantu Abdillah melanjutkan pendidikannya,” ujarnya sembari mengusap pipi yang dibasahi air mata.

“Kalau tidak dibantu Baznas, kami tidak tahu bagaimana nasib Abdillah kedepannya, sedangkan Abdillah memiliki kemauan dan semangat yang tinggi untuk bersekolah, tetapi terkendala biaya,” jelasnya.

Namun, setelah dibantu Baznas, Nurleli merasa bahagia karena mampu mengobati kesedihan Abdillah Maulana Azizi yang memiliki keinginan dan semangat untuk bersekolah.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *