Menu

LAPAU NAGARI, Optimilasi Kegiatan Nagari

  Dibaca : 180 kali
LAPAU NAGARI, Optimilasi Kegiatan Nagari

AMC.news.co.id — Program terbaru DPMN Agam dengan membangun LAPAU NAGARI targetkan agar dana nagari bisa dikelola dengan optimal oleh jajaran pemerintah nagari untuk mendorong kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, pemanfaatan dana nagari yang jumlahnya semakin besar beberapa tahun terakhir tersebut, harus sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga, pemanfaatan dana, harus sesuai dengan sistim pengelolaan keuangan yang ditetapkan pemerintah, sehingga tidak memicu masalah bagi pengelola keuangan di nagari.

Seperti dijelaskan, Teddy Martha, kepala DPMN Agam kepada AMC.news.co.id di Lubuk Basung, terkait program LAPAU NAGARI yang dirilis pihaknya beberapa waktu lalu. Saat ini tim terpadu LAPAU NAGARI sudah mendatangi 21 nagari di 3 kecamatan, dan akan berlanjut ke seluruh nagari di kabupaten Agam.

Tim terpadu LAPAU NAGARI, fokus membina sekaligus mendapampingi pengelolaan keuangan yang singkron dengan kegiatan di lapangan menyangkut detail kegiatan, mekanisme administrasi yang sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.
“ Hal ni untuk mengantisipasi kesalahan yang berpotensi muncul, karena semakin besarnya dana yang dikelola nagari, dengan volume kegiatan yang semakin tinggi, sementara aturan yang harus ditaati sangat kompleks, sehingga kami mencari pola pendampingan sistim pembinaan langsung di lapangan, “ sebut Teddy Martha lagi.

Sepekan terakhir, tercatat 21 nagari yang sudah didatangi tim terpadu dan dibina secara khusus, dan hasilnya cukup mengesankan. Tim terpadu LAPAU NAGARI, bisa menghimpun data secara langsung berbagai persoalan yang terjadi di nagari, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, kegiatan pembangunan pisik serta aspek lain yang secara khusus perlu diluruskan dan diarahkan.

Evaluasi awal pihaknya, para wali nagari yang sudah didatangi tim terpadu, sangat bersyukur dengan tim yang dibentuk, apalagi tim terpadu langsung terjun ke lapangan melakukan pembinaan, pasalnya hal seperti itu sudah sejak lama diharapkan seluruh pemerintahan nagari.

“ Kita mencoba wujudkan harapan para wali nagari tersebut. Sasaran kita, selain bisa lebih optimalnya pengelolaan dana nagari-dana desa untuk berbagai kegiatan yang dibutuhkan masyarakat nagari, namun pemanfaatannya sesuai dengan aturan yang ditetapkan, secara bertahap akan kita bina di lapangan, “ ujar kepala DPMN Agam itu lagi.

(AMC03)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional