Menu

Pasca Terbakar Kios Pasar Palembayan Dibangun Ulang Tahun Ini

  Dibaca : 205 kali
Pasca Terbakar Kios Pasar Palembayan Dibangun Ulang Tahun Ini

AMCnews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam, akan membangun 20 petak kios di pasar Palembayan, pasca terbakar beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Agam, melalui Kabid Pasar, Reza Oktafiendi menjawab AMCnews.co.id, di ruangan kerjanya, Kamis (5/7) menyebutkan, kios dibangun ukuran 4 meter x 3 meter, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Disperindagkop UKM Agam tahun 2018, dengan anggaran sebesar Rp. 600 juta.

“Saat ini rencana pembangunannya masih dalam proses tender, diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa diumumkan pemenangnya, supaya pengerjaan bisa cepat dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga : 28 Toko Terbakar di Pasar Palembayan, Kerugian 1,3 M

Disebutkan, tahun 2018 pasar direhab sebanyak lima unit antara lain, pasar serikat Malalak, pasar Raba’a Koto Kaciak, Tanjung Raya, pasar Palupuah, pasar Koto Tinggi, Baso dan pasar Palembayan, melalui DAK sebesar Rp. 4,4 miliar lebih.

Secara Camat Palembayan Ridwan, menjawab AMCnews.co.id via ponsel, menyebutkan, pihaknya menyambut baik rencana pembangunan ulang kios di pasar tersebut.

Sejak terbakar, pedagang memanfaatkan bahu jalan depan pasar untuk jualan.

“Sejak 24 petak kios terbakar, kita bangun kios darurat berjejeran dibahu jalan depan pasar. Seiring berjalannya waktu, kita dibantu PT. AMP dan PT. PPR berupa material bangunan,” jelasnya.

Lapak pedagang yang sebelumnya menggunakan terpal dibangun menjadi lebih baik berupa 20 petak kios, meskipun sifatnya sementara tetapi bisa digunakan dalam jangka panjang tanpa mengganggu akses jalan.

Baca Juga : 28 kios Hangus di Palembayan, Bupati Agam Salurkan Bantuan Untuk Pedagang

Menurutnya, pasar merupakan sarana yang dibutuhkan masyarakat untuk berdagang, apalagi saat ini Pemkab Agam sedang menyemarakkan program Gelora Palembayan di kecamatan itu.

” Kita mengharapkan rencana pembangunan kios di pasar Palembayan bisa terlaksana secepatnya. Meski demikian, kios darurat masih tetap dipakai untuk masyarakat lain yang ingin berdagang,” kata camat Palembayan itu lagi.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional