Menu

Kolaborasi Seni Budaya Duo Kecamatan, Angkat Nilai Kearifan Lokal

  Dibaca : 317 kali
Kolaborasi Seni Budaya Duo Kecamatan, Angkat Nilai Kearifan Lokal

AMCnews.co.id.Nagari Baringin, Sungai Pua dan Paninjauan menggelar pertunjukan seni budaya dan penanaman pohon yang dibuka Camat Tanjung Raya Handria Asmi dan Camat Palembayan Ridwan, dihadiri Wali Nagari serta masyarakat di dua kecamatan, Kamis (28/6).

Masyarakat terlihat sangat antusias dalam acara ini, pasalnya selain menampilkan kesenian asli anak nagari, inilah momen untuk berkumpul dan bersilahturahmi serta melakukan penanaman pohon yang sejalan dengan program pemerintah yaitu Agam menyemai.

Camat Palembayan Ridwan mengatakan ketiga nagari menunjukkan kesenian anak nagari seperti debus, silek, randai tari piriang dan tambua tansa.

“Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal serta melestarikan seni budaya anak nagari” Ujar Ridwan.

Kegiatan yang dirancang seperti zaman dahulu “Zaman Saisuak” sangat terlihat jelas,mulai dari kesederhanaan dalam pelaksanaan acara tapi sangat meriah, dan pakaian galembong yang dipakai oleh camat dan walinagari serta makan barantam yaitu makan bersama yang beralaskan daun pisang.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menambahkan acara dimulai dengan penanaman pohon secara seremonial dikawasan Bukit Sakura selanjutnya diserahkan kepada wali nagari untuk ditanam di nagari masing-masing.

“Dengan acara ini semoga nilai-nilai kearifan lokal, khususnya di kecamatan Tanjung Raya dan Palembayan akan tetap terjaga dan terlestarikan” harap Hanrdia Asmi.

Selain itu, Ridwan menjelaskan kegiatan ini untuk mempromosikan objek wisata Bukik Sakura di Nagari Baringin, pemandangan yang disajikan adalah keindahan panorama Danau Maninjau yang sangan indah.

” Danau Maninjau bisa terlihat secara keseluruhan dari Bukit Sakura ini” ujar Ridwan(amc09)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional