Bupati Agam Buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

  • Bagikan

Baso, AMC– Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicap) Pramuka Kabupaten Agam, secara resmi membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Baso, Jumat (20/9).

Acara tersebut dihadiri para anggota Pramuka, pengurus kwartir, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Andri Warman menekankan pentingnya pendidikan karakter melalui kegiatan Pramuka.

“Pramuka bukan hanya sekadar organisasi, tetapi sebuah wadah pembinaan generasi muda yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” ujar Bupati Andri Warman.

Ia berharap, melalui KMD para peserta dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan pendidikan bagi anggota Pramuka di masa depan.

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembinaan di Gerakan Pramuka, khususnya di Kecamatan Baso.

Bupati juga menyatakan komitmennya dalam mendukung penuh Gerakan Pramuka di Kabupaten Agam, dengan harapan dapat mencetak generasi yang tangguh, berkarakter, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Sementara Ketua Kwartir Ranting Pramuka Baso Arzet menyampaikan, agenda yang diikuti 61 peserta ini akan digelar selama 6 hari ini, 3 hari indoor dan 3 hari outdoor yang dilaksanakan pada 20-22 September dan 27-29 Septemper 2024.

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jumlah pembina mahir tingkat dasar dalam melakukan pembinaan anggota pramuka di gugus masing-masing, membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial pembina pramuka sesuai dengan golongan sehingga mampu beperan positif dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar sampai penutupan nantinya,” harapnya.

Acara pembukaan ini ditandai dengan pemasangan kokarde peserta secara simbolis dan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis atribut kepada peserta KMD.
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *