Lomba Gerakan PKK, Tim Provinsi Nilai TP PKK Nagari Lubuk Basung 

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – TP PKK Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, dinilai Tim Penilai Lomba Gerakan PKK tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022, Senin (6/6).

Rombongan Tim Penilai yang dipimpin langsung Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi itu, disambut Bupati Agam Dr. Andri Warman beserta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman dan Ny. Titik Irwan Fikri di halaman kantor wali nagari.

Usai melakukan diskusi, para rombongan melakukan penilaian kunjungan lapangan di masing-masing pokja.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi mengatakan, penilaian ini merupakan evaluasi terhadap gerakan PKK yang ada di setiap daerah. 

“Kita juga sekaligus memberikan pembinaan langsung kepada pengurus PKK kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan/nagari,” ujarnya.

Menurutnya, ada lima kategori yang akan dinilai dalam Lomba Gerakan PKK provinsi ini. Di antaranya, Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (Pokja I), Lomba Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K PKK (Pokja II), Lomba Aku Hatinya PKK (Pokja III) dan Lomba PHBS Plus (Pokja IV). 

“Penilaian kita lakukan secara objektif, daerah mana yang terbaik itulah yang juara,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, menyampaikan, perlombaan ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, melainkan juga ajang untuk mempererat tali silaturahmi. Selain itu perlombaan ini juga untuk melihat sejauhmana PKK sudah berkontribusi nyata bagi masyarakat.

Ditambahkannya, perlombaan ini juga bisa untuk mengukur dan meningkatkan kekompakan kader dalam menjalankan program pokok PKK. 

“Saya berharap Lubuk Basung bisa memberikan hasil yang terbaik, dan menjadi juara,” ujarnya. 

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman mengatakan, Gerakan PKK adalah suatu gerakan pembangunan masyarakat yang berasal dari, untuk, dan oleh masyarakat. Tujuannya untuk menciptakan keluarga yang bertaqwa, keluarga yang mempunyai akhlak mulia dan berbudi luhur, keluarga yang sehat sejahtera, maju, mandiri.

Hingga saat ini, katanya, kader PKK Kabupaten Agam selalu giat menjalankan 10 program pokok PKK. Salah satunya perannya mengawasi anak terhadap prilaku menyimpang dalam penyalahgunaan teknologi informasi (gadget).

“Alhamdulillah, dalam menjalankan perannya, kader PKK di Nagari Lubuk Basung terus berinovasi dalam menjalankan program PKK. Insya Allah, Nagari Lubuk Basung bisa menjadi terbaik,” pintanya.

Dengan diadakannya lomba ini, tambahnya, akan memberikan penghargaan dan juga pengakuan terhadap kadar-kader PKK, serta juga akan meningkatkan dan memotivasi kader untuk mewujudkan inovasi yang lebih banyak lagi dalam program PKK. (Finand)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *