Kesadaran Melapor Kasus Kekerasan Anak di Agam Meningkat

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kesadaran masyarakat melaporkan kasus kekerasan terhadap anak meningkat di Kabupaten Agam. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kasus yang ditangani dinas terkait pada 2021.

Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA, Ir.Erniwati, MSP melalui Kabid Perlindungan Anak, Asnidawati, SE menyebut kejadian kekerasan terhadap anak pada 2021 tercatat sebanyak 85 kasus, Anak Berhadapan Hukum (ABH) sebagai pelaku 8 kasus.

“Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 38 kasus,” ujarnya, Rabu (26/1).

Menurutnya, meningkatnya kasus kekerasan yang melibatkan anak tersebut disebabkan makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melapor. Bahkan, pada 2021 pihaknya banyak menerima laporan kasus yang terjadi pada tahun sebelumnya.

“Sebelumnya kami melihat, korban kekerasan banyak yang tidak berani melaporkan apa yang mereka alami, baik itu kekerasan secara fisik, mental, maupun seksual,” ungkapnya.

Kedepan lanjut Asnidawati, pihaknya akan terus mendorong para korban kekerasan untuk berani melaporkan perlakuan yang mereka alami. Pihaknya juga memberi kemudahan dalam hal pelaporan kasus, sehingga bisa ditangani sedini mungkin.

Selain itu, pihaknya juga memberi dukungan terhadap korban kekerasan yang melapor, seperti layanan kesehatan, pendampingan hukum, trauma healing, mediasi,  pemulihan atau terapi psikologis, perlindungan sementara, reintegrasi sosial serta pengasuhan alternatif jika dinilai perlu.

“Secara prinsip, layanan diberikan sesuai kebutuhan korban, dengan prinsip non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak atau korban dengan memperhatikan hidup serta tumbuh kembang anak,” ujarnya. 

Ditambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan upaya-upaya preventif terkait kasus kekerasan pada anak sehingga tidak terjadi kejadian berulang. Pihaknya mengimbau peran aktif orang tua untuk mengawasi perkembangan anak, seperti bijak bermedia sosial.

“Disini juga peran dari banyak pihak, baik pemerintah, lembaga masyarakat, hingga media massa dalam mengawal bila terjadi kekerasan pada anak,” tutupnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *