Buka Bimtek Peningkatan Ekonomi Perempuan, Bupati Agam Dorong Masyarakat Bentuk “Umega”

  • Bagikan

Canduang, AMC – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman buka bimtek peningkatan ekonomi perempuan angkatan ke-IX, di MIN 1 Agam, Kamis (14/10).

Kegiatan ini digelar DP3AP2KB Sumbar, melalui dana pokir DPRD Sumbar Lazuardi Erman, yang diikuti 25 peserta perempuan pelaku industri rumahan, kepala keluarga dan usaha pemula.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mendorong masyarakat terutama kalangan perempuan, untuk menghasilkan sebuah produk industri rumahan.

“Maka melalui bimtek ini kita berharap dapat memotivasi perempuan untuk menghasilkan sebuah produk,” ujarnya.

Hal ini diistilahkannya dengan sebutan Umega (usaha menambah gaji). Jika perempuan di rumah tidak terlalu sibuk, mereka bisa bekerja seperti menjahit, buat makanan dan lainnya.

“Ini bisa menjadi usaha sampingan bagi perempuan untuk menambah pendapatan keluarga,” sebutnya.

Masalah modal, ia minta tidak terlalu kuatir, karena Pemkab Agam telah bekerjasama dengan Bank Nagari untuk membantu masyarakat dengan permodalan.

Selain itu, Pemkab Agam juga akan menjembatani pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

“Insyaallah, 2022 kita akan dirikan BUMD untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dihasilkan masyarakat,” katanya.

Dengan begitu, ia ucapkan terimakasih pada anggota DPRD Sumbar, Lazuardi Erman yang telah mengalokasikan dana pokirnya untuk pelaksanaan bimtek ini. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *