Wabup Agam Apresiasi Inspektorat Lakukan Pengawasan di Masa Pandemi

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah mengapresiasi Inspektorat yang telah melakukan pengawasan penyelenggaraan pemerintah, terutama di masa pandemi Covid-19.

Inspektorat telah melakukan tugas dan fungsi pengawasan dengan baik, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan anggaran dan pelaporan dalam bentuk review, audit, monitoring dan evaluasi.

“Tidak hanya itu, kini fungsi inspektorat juga ditambah untuk mencegah korupsi,” ujar Irwan Fikri Dt Parpatiah saat buka rapat koordinasi pengawasan dan pencegahan gratifikasi 2021, di aula Bappeda, Kamis (7/10).

Dikatakannya, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam mencegah korupsi ini seperti, kepatuhan penyampaian LHKPN dan LHKASN, pengendalian gratifikasi, monitoring dan evaluasi program pencegahan korupsi terintegrasi aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) dan Probity Audit.

“Semua program dan kegiatan ini perlu kita dukung, dan butuh komitmen bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” sebutnya.

Menurut Irwan Fikri, korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus diberantas. Pemberantasannya tidak cukup hanya dengan membuat regulasi saja, tapi juga perlu membangun mental aparatur.

“Tanpa membangun sumber daya aparatur yang baik dan berintegritas, mustahil pemberantasan korupsi dapat dilakukan dengan maksimal,” katanya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *