KUA Tilkam: Calon Lulusan MDTA Harus Mahir Baca Al-Qur’an

Tilatang Kamang, AMC – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Basyaruddin mengatakan, calon lulusan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) harus mahir dalam membaca Al-Quran.

Hal ini disampaikan Basyaruddin saat melakukan tes bacaan Al-Qur’an terhadap calon lulusan MDTA Al Hidayah III Kampung, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Senin (5/4) kemaren.

“Agar anak mahir, maka para pengajar atau ustadz dan ustadzah berperan penting dalam memberantas buta baca tulis Al-Quran, yang dimulai dari anak usia dini,” ujarnya, Kamis (8/4).

Dengan begitu, bagi santri yang lancar baca Al-Qur’an dapat mengikuti khatam Qur’an yang akan dilaksanakan Juni 2021, namun santri juga diharapkan tidak hanya belajar membaca Al-Qur’an, tapi mampu memahami isi Al-Qur’an dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, ustadzah MDTA Al Hidayah, Nora mengatakan, kegiatan ini diikuti 45 santri yang merupakan jumlah calon lulusan terbanyak dalam sejarah lulusan MDTA Al Hidayah III Kampuang.

Dikatakannya, tes baca Al Quran bertujuan untuk memotivasi para santri agar lebih giat dalam belajar membaca Al Quran, serta mendengarkan kemampuan santri dalam membaca Al Quran, supaya para wali santri mengetahui kemampuan anak-anaknya. (t_m)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *