Musim Kemarau, Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Agam

  • Bagikan

Tapian Kandih, AMC – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Agam. Kali ini terjadi di Alahan Jambu, Jorong Tapian Kandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan, Minggu (21/2).

Berdasarkan informasi dari Pusdal Ops BPBD Agam, kebakaran lahan yang berisi kelapa sawit ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, yang disebabkan panasnya terik matahari disertai angin kencang.

“Kita mendapatkan informasi ini sekitar pukul 13.46 WIB, kemudian langsung bergerak ke lokasi melakukan upaya pemadaman,” ujar Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal.

Dikatakannya, lahan perkebunan kelapa sawit milik Andi Isra (42) ini, terbakar dengan luas sekitar 1 hektar.

Saat ini timnya sudah berada di lokasi untuk melakukan pemadaman bersama Damkar Agam, yang dibantu Damkar Padang Pariaman, pemerintah nagari, dan masyarakat.

“Kondisi terkini di lapangan masih dalam proses pendinginan,” sebutnya.

Syafrizal mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca kemarau saat ini, karena beberapa hari terakhir juga terjadi kebakaran lahan di Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Raya.

“Kita imbau masyarakat apabila membuka lahan agar menghindari pola pembakaran, karena dikhawatirkan bisa menjadi pemicu kebakaran lahan yang lebih besar,” tukasnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *