Dua Tahun Terakhir, Kantor Kemenag Agam Bangun Tiga Gedung Balai Nikah

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, telah bangun tiga unit gedung Balai Nikah dan Manasik Haji sejak dua tahun terakhir.

Kakan Kemenag Agam, Edy Oktafiandi di ruang kerjanya, Rabu (20/1) mengatakan, pembangunan balai nikah itu sudah dilakukan sejak 2019, melalui dana Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) dari Kemenag RI

” Tahun 2019 kita bangun balai nikah di Kecamatan Lubuk Basung, 2020 balai nikah Ampek Nagari dan Tilatang Kamang,” ujarnya.

Dijelaskan Edy, rekontruksi pembangunan gedung sesuai luas tanah, apabila luas tanahnya kurang dari 400 meter persegi dibangun dua lantai, jika melebihi dibangun satu lantai. Ini sesuai protap yang telah ditentukan.

“Yang dibangun dua lantai adalah balai nikah Lubuk Basung, sedangkan lainnya satu lantai, dengan jumlah anggaran keseluruhan sekitar Rp4,8 miliar,” terangnya.

Ia menyebutkan, pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji ini untuk mengganti gedung KUA yang lama sekaligus ganti nama. Selain melayani pernikahan, juga dapat dijadikan sebagai tempat kegiatan keagamaan, diantaranya penyelenggaraan manasik haji.

Gedung itu, katanya, belum semuanya yang sudah dimanfaatkan, karena dua unit yang dibangun tahun kemarin masih dalam tahap pemeliharaan.

“Apabila tahap pemeliharaan sudah selesai, maka gedung itu akan segera dimanfaatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Edy, tahun ini pihaknya kembali mengajukan pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, karena berkemungkinan ada pertimbangan lain dari pusat, maka tidak jadi terealisasi.

Selain itu, ulasnya, tahun lalu Kantor Kemenag Agam juga mendapatkan bantuan sekitar Rp4,1 miliar, untuk pembangunan asrama di MAN 3, dalam rangka persiapan jadi Boarding School. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *