Menu

Pjs Bupati Agam Hadiri Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Virtual

  Dibaca : 29 kali
Pjs Bupati Agam Hadiri Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Virtual

Lubuk Basung, AMC – Pjs Bupati Agam, Benni Warlis menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020 secara virtual, dari Ruang Rapat Kantor Bupati Agam, Rabu (18/11).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) selaku instansi pembina pengadaan barang/jasa pemerintah, dengan tema transformasi digital dan profesionalisme SDM pengadaan barang/jasa pemerintah.

Rakornas ini, dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, dari Istana Kepresidenan Bogor, dan dihadiri oleh sekitar 3800 orang peserta, terdiri dari kementerian dan lembaga RI, kepala daerah ditingkat provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia, perwakilan unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ) se Indonesia, perwakilan personel layanan pengadaan secara elektronik (LPSE), perwakilan ikatan fungsional pengadaan barang/jasa (IFPI) serta perwakilan ikatan ahli pengadaan indonesia (IAPI) dan lainnya, baik yang hadir maupun teleconferece.

Kepala LKPP, Roni Dwi Susanto dalam laporannya menyampaikan, belanja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan telah memanfaatkan sistem pengadaan secara elektronik, sebagai satu kesatun dari pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Rencana dan penganggaran merupakan tahap awal dari ekosistem pengadaan, tahapan ini merupakan tahapan yang sangat strategis dengan demikian perlu perhatian khusus dari pimpinan kementerian/lembaga/pemerintah daerah, agar instansinya menyusun rencana pengadaan secara baik dan mengumumkan rencana umum pengadaan sebelum tahun anggaran berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, saat ini Indonesia sedang berada di bawah tekanan dan juga dihadapkan dengan pilihan yang tidak mudah, karena di saat pandemi Covid-19, juga harus menyelamatkan ekonomi.

“Oleh sebab itu, sudah saatnya kita melakukan perubahan-perubahan yang fundamental kearah meningkatkan value for money, dengan memberikan nilai manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat,” ujarnya.

Joko Widodo menyarankan kepada LKPP, agar dapat melakukan inovasi dan harus berani melakukan banyak terobosan, terutama dengan memanfaatkan teknologi super modern.

“Dalam kondisi krisis saat ini, dibutuhkan kecepatan dalam realisasi belanja pemerintah, karena belanja pemerintahlah yang mendorong permintaan, meningkatkan konsumsi masyarakat, sehingga dapat menggerakan ekonomi agar tumbuh kembali,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Agam, Benni Warlis, didampingi Kepala Inspektorat Kabupaten Agam, Dafrines, Kepala Bappeda Kabupaten Agam, Welfizar, Kabag BPBJ Agam, Zulfren, dan lainnya. (HR)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional