Distan Bantu Petani Lewat Agam Menyemai, Bibit Sayuran dan Buahan Disalurkan

  • Bagikan
Kepala Distan Agam Arief Restu menyerahkan benih sayuran dan buahan, Selasa (17/11)

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam masih tetap konsisten dalam menjalankan salah satu program cerdas Kabupaten Agam, yaitu Agam Menyemai.

Semangat dari program cerdas yang dicanangkan oleh Bupati Agam itu, dengan jargon “yang di laman untuak dimakan” itu masih terlaksana dengan baik di tengah masyarakat Agam. Mendukung itu, Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arif Restu, menyalurkan bantuan benih sayuran dan buahan kepada kelompok -kelompok tani se Kabupaten Agam.

Kepada AMCNews.co.id, Selasa (17/11), Kepala Distan Agam Arief Restu mengatakan, benih sayuran dan buahan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat, terdiri dari 16 jenis komoditi sayuran dan buahan.

Diantaranya yaitu, melon, pepaya, semangka, jagung manis, mentimun, terong, bayam, cabai rawit, cabai kriting, sawi hijau, kangkung, paria, tomat, gambas, buncis, dan kacang panjang.

“Bantuan ini bertujuan untuk membantu para petani yang terdampak Covid-19, ” ujarnya.

Dijelaskan, Agam Menyemai adalah ajakan kepada masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah atau pekarangan di sekitar tempat tinggal sebagai sumber penyedia pangan, khususnya sayuran dan buah-buahan.

“Dimasa pandemi Covid-19, dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, maka dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh dalam melawan serangan virus,” jelasnya.

Selain menyalurkan bantuan, pihaknya juga memberikan motivasi dan mensosialisasikan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada kelompok tani.

“Dalam penanggulangan dampak Covid-19, dibutuhkan rumah tangga yang mandiri dalam penyedia kebutuhan pangan keluarga,” tambahnya.

Arief Restu mengajak masyarakat agar memanfaatkan halaman atau perkarangan rumah dengan menanam tanaman produktif, guna mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Saat ini, pihaknya telah menyalurkan bantuan benih sayuran tersebut di 6 kecamatan, diantaranya yaitu, Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Palembayan, Malalak dan Tanjung Raya.

“Kedepannya bantuan ini akan disalurkan secara berkesinambungan kepada kelompok-kelompok tani di kecamatan lainnya,”jelasnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *