Menu

Sekda Agam: ASN Jangan Mengajak Orang Memihak di Pilkada

  Dibaca : 182 kali
Sekda Agam: ASN Jangan Mengajak Orang Memihak di Pilkada

Lubuk Basung, AMC – Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto menyebutkan, netralitas ASN sangat menentukan terhadap kelancaran pelaksanaan pemilu, termasuk pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Kabupaten Agam adalah salah satu dari beberapa daerah di Sumatera Barat, yang akan mengikuti pesta demokrasi ini.

“Intinya netralitas ini tidak mengajak orang untuk memihak, kalau sudah berada dalam bilik suara itu pasti memihak, tetapi hanya untuk diri sendiri,” ujar Martias Wanto saat jadi narasumber dalam sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, Kamis (27/8).

Ia mengingatkan, salah satu azas atau manajemen ASN adalah netralitas yang terbebas dari pengaruh partai dan kandidat. Tugas ASN memfasilitasi pelaksanaan pemilu, secara teknis sudah diserahkan kepada KPU dan pengawasan ke Bawaslu.

“Tapi dalam mempertahankan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif tetap menjadi tugas pemerintah, maka diharapkan ASN terbebas dari persoalan memihak dan keberpihakan karena sanksinya berat,” sebutnya.

Diakuinya, pilkada tahun ini dua ASN Agam ditegur oleh KASN karena ketidaknetralan, dan satu ASN saat pemilihan legislatif 2019 lalu, sehingga ASN dimintanya hati-hati dalam bersikap menghadapi pilkada.

“Kita tidak ingin ASN Agam melanggar kenetralan dalam pelaksanaan pilkada nanti,” pintanya.

Untuk itu, ia menyambut baik sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, karena ini suatu kewajiban untuk mengingatkan agar tidak terjadi pelanggaran. Sebab ASN tidak hanya bertugas dan berdomisili di pusat pemerintahan saja, tetapi sampai ke nagari yang jauh dari jangkauan pemantauan.

Ia minta OPD, camat dan kepada sekolah agar meneruskan informasi ini kepada jajarannya, sehingga tidak salah langkah dan tidak ada persoalan dengan kenetralan ini. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional