BPBD Agam Dapat Bantuan Alat Pendeteksi Gempa dari BMKG Padang Panjang

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – BPBD Kabupaten Agam menerima bantuan alat pendeteksi gempa bumi atau Warning Receiver System New Generation dari BMKG Padang Panjang.

Alat ini diserahkan Kasi Observasi BMKG Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo kepada Kalaksa BPBD Agam, yang diwakili Kabid KL, Syafrizal, di Mako BPBD Agam, Senin (27/7).

Syafrizal menyebutkan, bantuan Warning Receiver System New Generation ini adalah hasil kerjasama BPBD Agam dengan BMKG, karena alat ini hanya diperuntukkan kepada daerah rawan bencana.

“Agam mendapatkan peralatan ini karena termasuk salah satu daerah rawan bencana di Sumatera Barat, alat dipasang di kantor BPBD Agam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, alat ini sebagai wadah untuk penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Informasi diberikan lebih cepat, karena peralatan bersifat real time dari BMKG.

Menurut pihak BMKG, peralatan ini akan mendeteksi gempa bumi yang berkekuatan 5 skala richter ke atas, bahkan langsung dapat diketahui apakah gempa berpotensi tsunami atau tidak.

“Melalui peralatan ini kita berharap tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadi gempa bumi,” imbuhnya.

Untuk mengoperasikan peralatan ini, BPBD Agam langsung memberikan pelatihan kepada 8 personil dari 2 regu yang berasal dari satgas TRC-PB 4 orang dan Pusdal Ops 4 orang, yang dipandu langsung oleh Kasi Observasi BMKG Padang Panjang, Fajar Dwi Prasetyo. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.