Menu

Rumah Pintar Duo Koto Dapat Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2020

  Dibaca : 116 kali
Rumah Pintar Duo Koto Dapat Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2020

Tanjung Raya, AMC – Pustaka Nagari Rumah Pintar Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mendapatkan bantuan melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2020 dari Perpustakaan Nasional.

Berkaitan dengan itu, tim sinergi program perpustakaan berbasis inklusi sosial Sumatera Barat, melakukan kunjungan lapangan untuk melihat kesiapan Pustaka Nagari Rumah Pintar Duo Koto dalam menerima bantuan tersebut.

Kunjungan ini sudah dilakukan tim sinergi program perpustakaan berbasis inklusi sosial Sumatera Barat, didampingi Kepala Arsip dan Perpustakaan Agam, M. Arsyid, Kamis (16/7) kemaren.

Ketua tim sinergi program perpustakaan berbasis inklusi sosial Sumbar, Yelvi Oktavia menyebutkan, kunjungan ini untuk melihat kesiapan Pustaka Nagari Rumah Pintar, selaku penerima bantuan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2020 dari Perpustakaan Nasional.

“Secara fisik sudah kita lihat, alhamdulilah lokasi, pengelola, ruangan, dan sarana lainnya sudah tersedia dan hasilnya tidak mengecewakan,” ujarnya.

Menurut Yelvi Oktavia, bantuan dari program ini seperti, buku sebanyak 1.000 eksemplar dari 500 judul dan sepaket dengan raknya. Kemudian perangkat komputer operasional pelayanan 3 unit dan bentuk bantuan lainnya.

Sementara itu, Kepala Arpus Kabupaten Agam, M. Arsyid mengatakan, pustaka nagari rumah pintar Duo Koto satu-satunya perpustakaan nagari di Agam yang menerima bantuan tersebut.

“Bantuan akan dikirim Perpusnas diperkirakan Agustus atau September 2020. Ini akan dimonitor perkembangannya,” ujarnya.

Sebetulnya, kata Arsyid, pustaka nagari ini tahun lalu sudah diajukan bersama 6 pustaka nagari lainnya, tetapi pustaka nagari rumah pintar saat itu tidak lolos.

Pada 2019, dari 7 pustaka nagari yang diajukan hanya 6 yang mendapatkan program itu. Ke-6 nagari itu yakni pustaka Nagari Koto Tangah, Nagari Ampang Gadang, Nagari Sungai Pua, Nagari Padang Tarok, Nagari Lubuk Basung dan Nagari Manggopoh.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri mengucapkan terimakasih baik kepada Pemkab Agam, perpustakaan Sumbar dan Perpusnas yang sudah mempercayakan pustaka nagari rumah pintar Duo Koto sebagai penerima program tersebut.

“Semoga dengan bantuan itu bisa menambah minat baca masyarakat di Nagari Duo Koto ke depannya,” jelas Joni. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional