Program Sembako 2020, Bantuan Naik dan Jenis Pangan Bertambah

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi program sembako 2020, di Kantor BRI cabang Bukittinggi, Selasa (4/2).

Kegiatan ini dilaksanakan bersama agen e-Warung, pendamping PKH dan TKSK serta Bank BRI. Sosialisasi digelar tiga kali di tempat yang berbeda, dengan narasumber dari Dinas Sosial Agam dan Bank BRI.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati, sosialisasi ini penting dilaksanakan, karena ada beberapa perubahan dari tahun sebelumnya. Seperti kenaikan jumlah bantuan dan bertambahnya jenis pangan.

“Program sembako merupakan perluasan manfaat pelaksanaan dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” ujarnya.

Untuk itu, dikatakan Rahmi perlu dilakukan sosialisasi dalam membangun kesepahaman dan langkah untuk mensukseskan penyaluran program tersebut.

Rahmi menjelaskan, tahun ini jumlah bantuan naik menjadi Rp150.000,- dari Rp110.000,- per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan. Jenis pangan yang dapat dibeli KPM juga bertambah, yang sebelumnya hanya beras dan telur.

“Namun tahun ini KPM dapat memilih beberapa komoditas lain yang dibutuhkan seperti, kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin, buah-buahan dan sayur-sayuran,” ujar mantan Camat IV Koto ini.

Disebutkan, penerima program ini sebanyak 22.244 KPM, mereka difasilitasi dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diisi saldo tiap bulan melalui Bank BRI. Dengan kartu ini KPM dapat belanja di e-warung, yang tersedia sebanyak 169 unit di Agam.

“Penambahan jenis pangan dan jumlah bantuan ini, sebagai upaya untuk pemenuhan gizi keluarga dalam rangka mengatasi permasalahan stunting di Kabupaten Agam,” ulasnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *