Menu

Sepanjang 2019, Baznas Agam Telah Salurkan Rp 10 Miliar Zakat

  Dibaca : 91 kali
Sepanjang 2019, Baznas Agam Telah Salurkan Rp 10 Miliar Zakat

AMCNews.co.id — Baznas Kabupaten Agam menyerahkan zakat sebesar Rp 300.300.000 kepada 129 mustahik. Penyerahan dilakukan Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah, Martias Wanto di Masjid Nurul Fallah Lubuk Basung, Jumat (20/12/19). Turut mendampingi Ketua Baznas Agam Eldi Zein, Kakankemenag Agam Edi Oktaviandi.

Sekretaris Daerah Martias Wanto mengatakan, bahwa pengelolaan zakat dari muzzaki yang ada di Kabupaten Agam ini sangat membantu pemerintah dalam upaya meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, disamping kegiatan ini sebagai bentuk kewajiban antar sesama umat muslim.

“Kita sangat mengapresiasi pengelolaan zakat oleh Baznas Agam. Mudah-mudahan jumlah muzzaki tahun depan terus bertambah sehingga dapat kembali memperluas cakupan mustahik yang menerima,” ulas sekda.

Sekda menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Agam sebagai pembina dan perlindungan Baznas siap mendukung kegiatan pengelolaan zakat yang diselenggarakan Baznas. Ia menegaskan hal itu sesuai dengan visi misi Kabupaten Agam, yakni Agam yang mandiri, berprestasi menuju masyarakat yang madani.

“Kita berharap zakat yang diberikan dapat dioptimalkan untuk pemberdayaan ekonomi produktif, baik usaha pertanian maupun dagang, sehingga mampu hidup mandiri,” harap sekda.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kabupaten Agam, Eldi Zein menjelaskan bahwa penyaluran zakat dilakukan di dua tempat. Untuk Agam wilayah timur diserahkan di Kantor Baznas Agam Cabang Belakang Balok Bukittinggi. Total dana zakat yang disalurkan sebanyak Rp.400.000.000 kepada 160 mustahik.

“Hari ini di Masjid Nurul Fallah kita menyerahkan zakat Rp.300.300.000 untuk 129 orang mustahik,” ujarnya. Eldi Zein mengimbau kepada masyarakat untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas Kabupaten Agam.

“Alhamdulillah, setiap dana yang terkumpul di Baznas, langsung kita salurkan. Tercatat, selama 2019 lebih kurang sudah Rp 10 miliar dana zakat yang kita salurkan, dari total dana Rp 9,3 miliar ditambah sisa saldo akhir 2018 sebesar Rp.698 juta lebih,” terangnya.

Saldo 2018 yang tersisa sebagai dana pegangan untuk mengantisipasi kalau terjadi bencana alam serta dana untuk operasional pegawai Baznas. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional