Menu

112 Anak PAUD se-Agam Ikuti Lomba Kreativitas

  Dibaca : 76 kali
112 Anak PAUD se-Agam Ikuti Lomba Kreativitas

AMCNews.co.id — 112 anak PAUD mengikuti lomba Kreativitas anak PAUD tingkat Kabupaten Agam tahun 2019, di Gor Rang Agam Lubuk Basung, Kamis (21/11/19.

Hadir pada acara tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Syahrial, Wakil Ketua Himpaudi Agam Ny. Candra Trinda Farhan, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Yeni Sofnidel.

“Gelar kreativitas anak PAUD adalah, memotivasi anak usia dini untuk beraktivitas, berkreasi, berinovasi melalui kegiatan berbagai lomba. Memberikan penghargaan bagi anak-anak usia dini, sebagai wahana komunikasi lembaga-lembaga PAUD di Kabupaten Agam,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam Syahrial didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Yeni Sofnidel, usai pembukaan acara.

Kegiatan kreativitas anak-anak usia dini diisi dengan berbagai jenis lomba antara lain, lomba menggambar dan mewarnai, lomba baca ayat pendek dan lomba cipta tari.

Dalam kegiatan ini pihaknya mengundang 7 orang utusan per kecamatan dari 16 kecamatan yang mengikuti.

“Gelar kreativitas PAUD ini juga untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar memiliki rasa kepedulian terhadap layanan PAUD, sehingga PAUD di Agam akan semakin berkualitas,” katanya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri mengatakan, kegiatan kreativitas anak untuk menggugah potensi anak agar lebih aktif dalam beraktivitas sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Menurut Ny. Vita, dalam menampilkan kreativitasnya akan menimbulkan rasa percaya diri mereka terhadap lingkungan.

“Karena, anak usia dini adalah masa-masa mereka belajar mengenal lingkungannya. Belajar sesuai keinginannya sendiri. Untuk itu, peran orangtua maupun pendidik di sekolah untuk membimbing dan mengarahkannya bukan dengan cara memarahi atau melarang apa yang dikerjakannya dengan ucapan menghardik. Karena, ketika kita menghardik anak-anak maka berpengaruh terhadap mentalnya nanti,” terang Bunda Paud Agam.

Dia menambahkan, usia dini merupakan momentum paling krusial dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang.

“Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kurang lebih separuh kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah mulai berkembang ketika masa usia emas dan mencapai puncaknya pada saat anak berusia 18 tahun,” katanya.

Usia emas merupakan masa dimana otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi tanpa membedakan baik atau buruk.

“Masa ini perkembangan fisik, mental maupun spiritualnya akan mulai terbentuk,” tukuknya mengakhiri. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional