Menu

Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes, Tim 1 Kunjungi Nagari Sitalang dan Kampuang Pinang

  Dibaca : 81 kali
Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes, Tim 1 Kunjungi Nagari Sitalang dan Kampuang Pinang

AMCNews.co.id — Tim 1 penilai lapangan lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan (PKK KB Kes) tingkat Kabupaten Agam turun di Kecamatan Ampek Nagari dan Lubuk Basung, Selasa (8/10).

Tim 1 yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Candra Trinda Farhan, paginya melakukan penilaian di Nagari Sitalang Kecamatan Ampek Nagari. Kemudian siangnya sekitar pukul 15.00 WIB dilanjutkan ke Nagari Kampuang Pinang Kecamatan Lubuk Basung.

Kedatangan tim yang terdiri dari unsur PKK, Dinas Kesehatan, DPPKBPP dan PA disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat setempat.

Menurut Ketua Tim Penilai, Ny. Candra Trinda Farhan kedatangannya bersama tim terpadu untuk melakukan tinjau lapangan sekaligus penilaian lomba Gerak PKK KB Kesehatan.

“Kami turun untuk melihat langsung inovasi di Kecamatan Ampek Nagari dan Lubuk Basung terkait pelaksanaan pelayanan kesehatan di masing-masing nagari yang di utus,”ujarnya.

Menurutnya, ada empat indikator yang akan dinilai yakni pelayanan kesehatan lingkungan, KB, PKK, PHBS dan Posyandu.

Dari pantauan AMCNews.co.id di lapangan, pada saat menilai, seluruh anggota tim menyebar memberikan penilaian sesuai kompetensinya. Diantaranya menilai pelayanan posyandu, konseling KB, dan administrasi implementasi program-program PKK.

Ada pula yang menuju ke rumah sehat yang lokasinya tidak jauh dari kantor wali nagari. Rumah sehat merupakan rumah warga yang dijadikan contoh hunian sehat bagi warga yang lain. Selain bersih, di sana juga terdapat lahan untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan buah-buahan.

“Kami lihat di dua kecamatan yang dinilai memiliki kelebihan masing-masing. Ada rumah sehat, Taman Posyandu, Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR). PKK juga punya program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dikelola dengan baik,” ujarnya.

Setelah berkeliling, Ny. Candra menyampaikan administrasi pelaksanaan PKK KB Kesehatan cukup bagus. Cakupan KB dan partisipasi masyarakatnya pun tinggi.

“Setelah tinjau lapangan, kami melihat apa yang dilaporkan sudah sesuai dengan kondisi di lapangan. Semua programnya juga sudah direalisasikan. Tapi kita berharap lomba ini untuk memotivasi masyarakat agar membudayakan pola hidup yang bersih dan sehat,” imbuh Ny. Candra. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional