Menu

Kampanye Ayo Makan Ikan, Pemerintah Nagari Manggopoh Pasang Stiker di Rumah dan Tempat Umum

  Dibaca : 63 kali
Kampanye Ayo Makan Ikan, Pemerintah Nagari Manggopoh Pasang Stiker di Rumah dan Tempat Umum

AMCNews.co.id — Pemerintah Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung melalui Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) terus mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan.

Ajakan itu dapat dilihat tiap rumah-rumah maupun tempat umum di Nagari Pahlawan Siti Manggopoh itu, dipasangkan gambar stiker berupa ajakan “Ayo Makan Ikan Agar Sehat, Cerdas dan Berprestasi.

Wali Nagari Manggopoh Ridwan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/8) di Lubuk Basung, mengatakan ajakan itu salah satu bentuk kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan merangkul semua lapisan, sampai ke kampung-kampung.

“Ikan sebagai sumber protein sangat relevan dalam mendukung pemerintah meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia, karena ikan banyak mengandung protein, vitamin dan omega 3 yang dapat mencerdaskan otak,” terangnya.

Apalagi, menurutnya, potensi sumber daya ikan di Nagari Manggopoh cukup besar. Potensi tersebut dinilai bisa dioptimalkan dalam rangka mendorong perluasan dan kesempatan kerja serta meningkatkan ketersediaan dan kosumsi .
“Apabila kosumsi ikan meningkat maka produktivitas juga ikut naik, sehingga perekonomian masyarakat pun ikut naik. Maka saat ini kita sedang gencar membudidayakan ternak lele disetiap jorong dan kelompoknya sudah berkembang,” ujar Ridwan.

Sementara itu, hal senada juga dikatakan Ketua Forikan Nagari Manggopoh, Ny. Elsi Ridwan saat dikonfirmasi via ponsel.

“Alhamdulillah, peningkatan kosumsi masyarakat kita terhadap ikan cukup tinggi. Karena setiap berkunjung ke lapangan sudah terbangun kolam ikan hampir disetiap kelompok-kelompok Dasawisma PKK yang ada di jorong. Begitu juga hasil survey kita di sekolah-sekolah Paud maupun TK, lauk mereka mayoritas ikan,” terangnya.

Akan tetapi kata istri wali nagari yang juga pernah juara 1 lomba Forikan Nagari tingkat Provinsi Sumbar itu, pelaksanaan program Gemarikan tidak hanya menjadi tugas Forikan saja, namun menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

“Kita ingin ke depan peningkatan kosumsi ikan lebih merata lagi di setiap jorong,” ujarnya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional