Menu

Apel Kehormatan dan Renungan Suci Pemkab Agam bagi Para Pahlawan

  Dibaca : 366 kali
Apel Kehormatan dan Renungan Suci Pemkab Agam bagi Para Pahlawan

Sebagai bentuk syukur di hari kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Agam melaksanakan kegiatan apel kehormatan dan renungan suci, di Makam Pahlawan Siti Manggopoh. Kegiatan ini dilaksanakan menjelang peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Jum’at (16/8) malam pukul 00.00 WIB. Apel kehormatan ini juga bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan Perang Manggopoh, yang gugur dalam perjuangan.

Dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung Indrawan, apel ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati dan seluruh Forkopimda Kabupaten Agam. Seluruh peserta apel disambut oleh puluhan api obor dari siswa-siswi SMPN 2 Manggopoh yang berbaris di kiri-kanan jalan. Apel kehormatan dan renungan suci berjalan semakin khidmat ketika paduan suara anggota PGRI Kabupaten Agam mengiringi saat-saat mengheningkan cipta.

Upacara diakhiri dengan pembacaan do’a usai Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung memberikan salam penghormatan dan meletakan karangan bunga pada salah satu makam pahlawan. Diikuti dengan tabur bunga oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh Forkopimda Kabupaten Agam.

Kepala Bagian APUM Setda Agam, Helton, usai upacara, mengatakan renungan suci ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Agam. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan bangsa Indonesia kepada para Pahlawan yang mempertaruhkan harta dan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah.

“Renungan suci ini memiliki pesan moral, yaitu bagaimana kita selalu mengingat dan mengenang selalu jasa mereka. Lebih dari itu sebagai generasi penerus kita bisa mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan itu dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Helton. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional