Menu

Pangek Ikan Lapuak Kecamatan Baso Raih Juara Satu

  Dibaca : 394 kali
Pangek Ikan Lapuak Kecamatan Baso Raih Juara Satu

AMCNews.co.id — Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam dalam rangka mempromosikan dan melestarikan masakan khas yang ada di seluruh kecamatan di daerah itu.

Salah satunya, melalui lomba “Masak Pangek Ikan” yang dilaksanakan oleh PKK Kabupaten Agam, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam yang dirangkai pada acara Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Kabupaten Agam tahun 2019, selama 29 sampai 30 April di Mifan Padangpanjang.

Kegiatan yang dimotori kader PKK dari perwakilan masing-masing kecamatan itu merupakan perlombaan ke-dua kalinya sejak 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Erniwati mengatakan lomba pangek ikan tersebut merupakan salah satu kiat dan upaya Pemkab Agam dalam rangka melestarikan serta mempromosikan masakan khas asli Kabupaten Agam.

“Kita bersyukur kader PKK antusias membantu untuk mempromosikan masakan pangek ikan Kabupaten Agam,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri menyatakan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui lomba pangek ikan, merupakan salah satu program yang terintegrasi dengan program pokok PKK.

“Lomba masak pangek ini masuk ke dalam pokja III yang merupakan tupoksi utama kita untuk meningkatkan asupan gizi terhadap masyarakat melalui, gerakan memasyarakatkan makan ikan,” ujar Ny. Vita.

Oleh sebab itu, pihaknya ke depannya siap menerima kerjasama-kerjasama dari dinas dan instansi lainnya, sehingga sinergisitas antara pemerintah dan PKK terus terbina secara berkelanjutan.

Pada kegiatan lomba tersebut, juara 1 diraoh oleh Kecamatan Baso dengan menu masakan, pangek ikan lapuak. Sementara itu, Juara dua masakan pangek ikan dari Sungai Puar, juara tiga masakan pangek Ampek Angkek.

Sedangkan, untuk harapan satu berasal dari Banuhampu dengan masakan pangek rayo nya. Harapan dua masakan ikan pangek Candung dan harapan tiga Kecamatan Tilatang Kamang dengan khas menu pangek baluiknya. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional